Pendapatan Stabil, Ketua DPD RI Dorong Pembudidaya Ikan Genjot Produksi

  • Whatsapp
budidaya ikan
Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti. (Istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Dalam pandemi Covid-19, budidaya ikan menjadi salah satu sektor yang mampu bertahan. Bahkan, pendapatan pembudidaya ikan cenderung stabil.

Hal tersebut membuat Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, berharap pembudidaya ikan dapat menggenjot produktivitasnya.

Baca Juga

Menurut La Nyalla, sektor budidaya ikan bisa menjadi alternatif bagi masyarakat untuk bertahan selama pandemi Covid-19.

“Di saat banyak sektor terhambat Covid-19, budidaya ikan ternyata mampu bertahan. Bahkan, pendapatan pembudidaya ikan secara umum tidak turun, malah ada kenaikan meskipun itu sangat kecil,” ujar La Nyalla kepada awak media Jumat (15/1/2021).

Meski bisa diandalkan, La Nyalla menilai minat terhadap sektor tersebut masih rendah.

“Memang budidaya perikanan cenderung tidak terlalu terganggu dengan kondisi saat ini. Yang disayangkan, sektor ini kurang bergairah. Padahal potensinya sangat besar. Karena, sektor perikanan merupakan kebutuhan pangan yang pokok,” katanya.

Untuk itu, La Nyalla berharap sektor perikanan dapat digenjot pertumbuhannya.

“Karena kebutuhan masyarakat terhadap pangan dan makanan bergizi sangat tinggi. Hal ini juga berkaitan dengan pembentukan imun agar tetap kuat dan sehat. Sehingga masyarakat bisa menghadapi pandemi,” katanya.

Mantan Ketua Umum Kadin Jawa Timur ini mengaku sering mendapati kekosongan ikan di pasar atau penjual. Menurutnya, kondisi ini harus ditangkap sebagai peluang yang besar.

“Untuk itu, kita mendorong para pembudidaya ikan agar meningkatkan produksinya. Dan kita juga meminta dinas terkait membantu pengadaan bibit yang baik serta menjaga stabilitas harga pakan di pasaran,” katanya

La Nyalla juga mengajak para senator untuk turut mengawasi dan mendorong peternak atau pembudidaya ikan yang ada di daerah pemilihannya masing-masing.

“Senator harus membantu pembudidaya ikan agar produksi bisa terus berlangsung. Sehingga kebutuhan masyarakat terpenuhi. Dan di satu sisi kebutuhan para pembudidaya ikan juga tercukupi,” katanya.(sir/lna)