Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaNewsPedagang Bendera Musiman Lesu Jelang Perayaan Kemerdekaan

Pedagang Bendera Musiman Lesu Jelang Perayaan Kemerdekaan

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – KOTA BATU – Pedagang bendera musiman bemunculan pada Agustus. Bendera Merah Putih beragam ukuran diperdagangkan dengan harga bervariatif. Pernak pernik perayaan kemerdekaan ini banyak ditemui di tepi jalan jelang HUT RI yang diperingati setiap 17 Agustus.

Gegap gempita kemerdekaan menjadi momen yang ditunggu-tunggu pedagang musiman ini. Namun pada perayaan tahun ini omzet mereka lesu. Faktor ini tak lepas dari dampak menurunnya daya beli masyarakat imbas pembatasan mobilitas masyarakat.

Kadir, seorang pedagang bendera musiman yang berjualan di Jalan WR Supratman, Kota Batu. Pria asal Bandung ini mengaku penjualannya tak secemerlang tahun-tahun sebelumnya. “Lebih parah dibanding tahun 2020 lalu yang sama-sama berada di masa pandemi,” kata dia.

Dirinya baru satu minggu menjajakan dagangan bendera di Kota Batu. Di daerah asalnya, pria 48 tahun itu bertahan hidup dengan menggantungkan pada pekerjaan serabutan.

Di tahun-tahun dalam situasi normal, ia mengaku bisa meraup pendapatan Rp 30 juta. Harga jual bendera berkisar antara Rp 50 ribu-Rp 250 ribu. Mayoritas pernak pernik yang diminati berupa bandir maupun bendera berukuran sedang. “Sebelum masa pandemi bisa mencapai Rp 30 juta, sekarang dalam setengah hari saja belum tentu mencapai Rp 1 juta,” timpal Kadir dilansir Nusadaily.com.

Apa yang dirasakan Kadir dialami pula oleh Wahyu Priambodo. Wahyu sudah tujuh tahun lamanya bergelut sebagai pedagang bendera musiman. Pria asal Garut itu baru kali ini menemui masa paceklik. “Kalau barang laku setengah saja, setidaknya itu sudah balik modal. Tidak berani berharap lebih jika keadaannya seperti ini,” tutur Wahyu. (wok/wan)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Istri Selingkuh, Suami Bawa Alat Berat Hancurkan Rumah😱##tiktokberita

♬ kau curangi cintaku - Milan indramayu