Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaNewsNusantaraWagub Sumbar Mendorong Reaktivasi Jalur Kereta Api Hingga Payakumbuh

Wagub Sumbar Mendorong Reaktivasi Jalur Kereta Api Hingga Payakumbuh

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – PADANG – Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mendorong reaktivasi seluruh jalur kereta api sepanjang 300 kilometer di daerah itu guna meningkatkan akses transportasi massal bagi masyarakat.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Pada 2016 ada rencananya reaktivasi jalur kereta api dari Padang ke Padang Panjang kemudian terpecah satu jalur ke Bukittinggi terus ke Payakumbuh, jalur lain menuju Solok, Sawahlunto dan Sijunjung. Ini harus direalisasikan,” katanya di Padang, Jumat.

BACA JUGA : Mendagri Tito Karnavian Tunjuk Sekda jadi Plh Gubernur Sumbar – Nusadaily.com

Ia mengatakan anggaran untuk reaktivasi itu awalnya telah ditetapkan sekitar Rp2,7 triliun. Pengerjaan juga telah dimulai pada 2016. Namun karena ada kebutuhan mendesak, sebagian besar anggaran itu ditarik kembali.

“Kita berharap anggaran itu kembali dikucurkan dan kereta api hidup lagi di Sumbar sebagai salah satu transportasi massal,” katanya.

Jika perlu jalur kereta api yang terputus di Sijunjung diteruskan hingga ke Pakanbaru sehingga arus barang terkoneksi ke ruas tol lintas sumatera.

BACA JUGA : Polda Sumbar Tegur Masyarakat Terkait Prokes – Noktahmerah.com

Saat ini lintasan rel kereta api yang sudah aktif di Sumbar sekitar 93 kilometer dari total sekitar 300 kilometer panjang lintasan rel. Jalur yang telah aktif itu sudah efektif digunakan untuk angkutan orang dan barang. Lintasan itu dari Teluk Bayur-Padang, Padang-Stasiun Duku, Duku-Bandara Internasional Minangkabau, Duku-Pariaman-Naras dan Duku-Kayu Tanam. Terakhir ditambah dengan aktifnya kembali Stasiun Pulau Air.

Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Heri Nofardi mengatakan Pemprov Sumbar sudah mengusulkan untuk rencana pengaktifan jalur kereta itu ke Kementerian Perhubungan.

BACA JUGA : Legislator Sumbar Minta Pemprov Optimalkan Sektor Pertanian – Imperiumdaily.com

Salah satu kendala dalam reaktivasi itu adalah kecuraman medan di Sumbar. Mengatasi persoalan itu ada beberapa jalur terutama Kayu Tanam-Padang Panjang yang menggunakan rel bergigi.

Teknologi itu tidak digunakan lagi saat ini sehingga pengaktifan jalur itu terkendala. Namun Heri meyakini teknologi perkeretaapian saat ini memiliki solusi untuk hal itu.(lal)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Istri Selingkuh, Suami Bawa Alat Berat Hancurkan Rumah😱##tiktokberita

♬ kau curangi cintaku - Milan indramayu