Jumat, Juli 8, 2022
BerandaNewsNusantaraVaksinasi Lansia di Kudus Berhasil Penuhi Target 40 Persen

Vaksinasi Lansia di Kudus Berhasil Penuhi Target 40 Persen

NUSADAILY.COM – KUDUS – Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, berhasil memenuhi target capaian vaksinasi COVID-19 untuk kelompok lanjut usia (lansia) karena per 13 November 2021 mencapai 40,3 persen dari total target sasaran sebanyak 71.098 orang.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Dengan demikian, syarat untuk bisa turun level dari PPKM level 3 menjadi level 2 dengan memenuhi capaian vaksinasi untuk lansia sebesar 40 persen sudah tercapai karena per hari ini (13/11) mencapai 40,3 persen,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Badai Ismoyo di Kudus, Sabtu.

BACA JUGA: Kudus Dapat Tambahan Alokasi Pupuk NPK Bersubsidi 442 Ton

Ia menjelaskan vaksinasi untuk kelompok lansia tersebut untuk dosis pertama. Sedangkan cakupan untuk dosis kedua memang belum seperti dosis pertama karena capaiannya baru 20,8 persen.

Tersedianya vaksin COVID-19 yang mencapai ribuan dosis. Dia optimistis, hingga akhir bulan November 2021 capaian vaksinasi untuk kelompok lansia bisa ditingkatkan lagi.

“Target kami bisa mencapai 60 persen. Karena semua fasilitas kesehatan yang ada di Kudus sangat mendukung pencapaian target vaksinasi COVID-19,” katanya.

BACA JUGA: Persiku Kudus Gagal Lolos Penyisihan Grup Liga 3 Jateng

Sementara 4.000 dosis vaksin AstraZeneca yang kedaluwarsa, kata dia, hingga kini belum ada tindak lanjutnya karena masih menunggu kebijakan dari Kementerian Kesehatan. Apakah bisa dimanfaatkan kembali atau harus dikembalikan.

BACA JUGA: DPRD Kudus Tetapkan Perda APBD Perubahan 2021

“Informasinya, sepanjang vaksin tersebut tidak rusak masa kedaluwarsanya bisa diperbarui oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) karena semestinya kedaluwarsanya masih lama bisa sampai dua tahunan. Sedangkan 4.000 vaksin tersebut kondisinya masih bagus,” ujarnya.

Permasalahan vaksinasi lansia yang terjadi sebelumnya, kata dia, memang sudah diselesaikan dengan melakukan jemput bola memanfaatkan mobil khusus vaksinasi maupun petugas di masing-masing puskesmas.

BACA JUGA: Gandeng Denny Caknan dan YoungLex, YouTube Luncurkan Challenge Mletre

Masing-masing pemerintah desa juga diminta kerja samanya dengan mendata kelompok lansia yang belum divaksin. Kemudian dikumpulkan di tempat terdekat agar bisa divaksinasi secara bersama-sama.

Sementara capaian vaksinasi secara umum hingga tanggal 13 Oktober 2021 sudah mencapai 60 persen. Dari sasaran 665.884 orang untuk dosis pertama dan dosis kedua sebesar 44,2 persen. Sedangkan dosis ketiga dengan target 5.502 orang yang merupakan tenaga kesehatan capaiannya sebesar 100,8 persen, demikian Badai Ismoyo.(eky)

BERITA KHUSUS

Sampaikan LPJ APBD 2021, Gus Ipul: Jadi Motivasi Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Keuangan

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – DPRD Kota Pasuruan menggelar Rapat Paripurna I dengan agenda Penyampaian Nota Keuangan Raperda tentang Pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksanaan APBD Kota...

BERITA TERBARU

Chelsea Tawar Cristiano Ronaldo Rp 251 Miliar, MU Segera Beri Jawaban

NUSADAILY.COM - LONDON - Kabar terbaru dari situasi Cristiano Ronaldo yang rumornya mau tinggalkan Manchester United. Chelsea disebut akan tawarkan harga 14 juta Pounds...