Senin, September 26, 2022
BerandaNewsNusantaraUniversitas Bengkulu Pelajari Sistem Kerja Lembaga di USK

Universitas Bengkulu Pelajari Sistem Kerja Lembaga di USK

NUSADAILY.COM – BANDA ACEH – Rombongan dari Universitas Bengkulu (Unib) berkunjung ke Universitas Syiah Kuala (USK). Tujuannya guna mempelajari sistem dan strategi pengelolaan beberapa lembaga yang ada di perguruan tinggi. Khususnya di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Unib memilih USK sebagai partner untuk sharing dan belajar karena kita melihat USK, khususnya LPPM USK memiliki sistem pengelolaan yang sangat baik. Juga menjadi salah satu kunci keberhasilan USK selama ini”, kata Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNIB, Dr. Ardilafiza di Darussalam, Banda Aceh, Jumat.

Baca Juga: Bamsoet Apresiasi Universitas Budi Luhur Kembangkan Kendaraan Listrik

Ia menjelaskan salah satu hal yang UNIB ingin pelajari adalah strategi agar seluruh pusat studi bisa hidup dan aktif seperti di USK. Terutama Unib juga memiliki potensi terkait ilmu kebencanaan.

“Unib memiliki ahli kebencanaan, ahli tsunami, dan pakar-pakar lain di bidang ini. Target Unib sendiri adalah membentuk pusat unggulan kebencanaan, seperti yang telah lama ada di USK,” katanya.

Baca Juga: Cegah KKN, Universitas Syiah Kuala Canangkan Zona Integritas

Dalam kunjungan tersebut, UNIB juga ingin mempelajari pengelolaan UPT. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di USK karena melihat perkembangan USK yang sangat baik di bidang TIK.

“Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) di UNIB belum secanggih USK. Karena itu kita ingin melakukan sharing dan mencari strategi baru untuk perbaikan TIK di UNIB,” katanya.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) USK, Prof. Dr. Taufik Fuadi Abidin menyambut baik maksud UNIB mengunjungi USK dan pihaknya siap berdiskusi dan saling berbagi informasi. Terutama dengan kampus tersebut dengan tujuan untuk kemajuan bersama.

Baca Juga: Universitas Oxford Eksplorasi Ivermectin Sebagai Pengobatan COVID

Dalam kesempatan tersebut Prof. Taufik ikut memaparkan beberapa hal penting yang ada dan dijalankan di LPPM USK. LPPM USK yakni Pusat Pengembangan Jurnal Ilmiah (PPJI), Pusat Pengembangan Hilirisasi dan Inovasi (PPHI), Pusat Pengembangan Hak Kekayaan Intelektual (PPKI), dan Pusat Pengembangan dan Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (P3KN).

USK juga memiliki 30 pusat riset aktif, dua diantaranya telah menjadi pusat riset unggulan. Antaranya yaitu Atsiri Research Center (ARC) dan Tsunami Disaster Mitigation Research Center (TDMRC).(nd3)

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

China Menangkan Emas Quadruple Sculls Putri di Kejuaraan Dunia Dayung 2022

NUSADAILY.COM-JAKARTA- Situs resmi Federasi Dayung Internasional mengatakan bahwa Kejuaraan 2022 di Lazice, Republik Ceko memasuki hari kedua pada tanggal 24. Melansir chinanews.com, tim Tiongkok yang...