Kamis, Desember 9, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsNusantaraTali Kuning Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit, Seberapa Ampuh?

Tali Kuning Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit, Seberapa Ampuh?

NUSADAILY.COM – SORONG – Tanaman tali kuning masih menjadi andalan masyarakat suku Moi Kelin di Kampung Malaumkarta Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan menambah daya tahan tubuh.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Tali kuning tumbuh liar di hutan Malaumkarta Raya dan secara turun-temurun dikonsumsi masyarakat setempat sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit,” kata Hermanus Do, pemuda suku Moi Kelin di Kampung Malaumkarta Raya, Kamis. 

BACA JUGA: Ubah Warna Pertalite Mirip Premium, Seorang Warga Ditangkap Polisi

Hermanus Do yang biasa mencari tali kuning di hutan mengatakan, tanaman itu juga dikonsumsi sebagai vitamin dan penambah energi untuk beraktivitas setiap hari.

Menurut Hermanus Do cara memotong tali kuning di hutan tidak sembarang potong. Tidak boleh memotong pada bagian akar tetapi harus bagian cabang. Agar tali kuning obat tradisional tersebut tidak kering tetapi tunas baru kembali.

BACA JUGA: Vitalisasi Sastra Lisan

Hermanus menyampaikan bahwa tali kuning setelah diambil dari hutan dibawa pulang dan dipotong kecil-kecil. Kemudian dijemur hingga kering lalu direbus dan airnya diminum.

BACA JUGA: Pertamina Diskon Harga Pertalite Untuk Dukung Udara Bersih di Bengkulu

“Direbus hingga mendidih paling lama 30 menit. Setelah itu dibiarkan hingga dingin baru kemudian diminum,” katanya.

BACA JUGA: Pertalite Dijual dengan Harga Premium di Kendari

Ia mengungkapkan, air tali kuning itu rasanya pahit melebihi obat malaria produksi pabrik, namun  bagi yang sudah terbiasa minum, rasanya biasa saja seperti minum jamu.

Hermanus berharap masyarakat adat Moi tidak melupakan obat tradisional yang merupakan salah satu warisan budaya warga setempat.

BACA JUGA: Dikira Lalisa Eh Ternyata Cita Citata

Hermanus Do sempat mengajak tim liputan Antara TV Jakarta berjalan kaki menelusuri kawasan Hutan Lingswok untuk mencari tali kuning obat tradisional suku Moi Kelin itu.

Perjalanan sejauh 1,5 kilometer itu sempat menelusuri pantai pasir putih melintasi mangrove dan sungai-sungai kecil. Perjalanan juga diiringi kicau burung menyemangati tim bersama Hermanus untuk mencari tanaman tali kuning yang tumbuh liar di hutan.(eky)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Peningkatan aktivitas gunung Semeru ##tiktokberita

♬ suara asli - Nusa Daily