Senin, September 27, 2021
BerandaNewsNusantaraSetelah Putusan MK, Rumor Pencopotan Kepala Sekolah Berhembus Kencang di Bilah Hilir

Setelah Putusan MK, Rumor Pencopotan Kepala Sekolah Berhembus Kencang di Bilah Hilir

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – LABUHANBATU – Rumor akan adanya penyegaran kepala sekolah di tingkat SD dan SLTP berhembus kencang di Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara.

Isu hangat itu beredar cepat di kalangan kepala sekolah tak lama setelah putusan hasil persidangan di Mahkamah Konstitusi (MK), menetapkan Erik Atrada Ritonga – Ellya Rosa Siregar sebagai pemenang Pilkada Kabupaten Labuhanbatu tahun 2020.

Selain rumor penyegaran kepala sekolah, rumor penyegaran di bagian struktural seperti jabatan camat, lurah dan koordinator dinas pendidikan juga mencuat di kecamatan itu. Bahkan isu pergeseran untuk jabatan struktural terendah yaitu kepala lingkungan juga santer berhembus kencang.

Santer juga issu di lapangan dan keterangan dari beberapa sumber, jabatan kepala sekolah dan jabatan struktural sudah diatur oleh oknum – oknum yang mengaku sebagai team sukses (TS) pasangan Erik Atrada Ritonga – Ellya Rosa Siregar.

Bahkan infonya lagi, oknum yang mencatur posisi jabatan kepala sekolah yang akan dilengserkan seorang ASN dan seorang mantan kepala sekolah yang baru habis masa baktinya.

BACA JUGA: DPW PKB Jatim Bantu Keluarga KD Usai Dilabrak Ortu Ayu Ting Ting

“Mereka berdualah saat ini yang paling menonjol namanya di Kecamatan Bilah Hilir sebagai penentu jabatan,”ujar sumber kepada Nusadaily.com, Rabu ( 4/08/2021) yang tidak mau namanya ditulis di dalam pemberitaan di Negeri Lama.

Menurut sumber, target utama kepala sekolah yang bakal digeser jabatannya yang belum mengikuti mau pun yang tidak lulus ujian CKS (Calon Kepala Sekolah) atau lebih sering disebut penguatan kepala sekolah.

“Kepala sekolah terancam dicopot yang sekolahannya di tepi jalan lintas. Selain itu sekolahan yang banyak memiliki jumlah siswa, itu yang akan ditarget kaseknya bakal kena geser. Namun yang di pelosok bisa dicopot kaseknya kalau sudah mereka berdua yang nunjuk.Begitulah saat ini rumor yang beredar,”ujar sumber kembali.

“Rumor itu sudah menjadi rahasia umum di Kecamatan ini,”timpal rekan sumber.

Ketua tim pemenangan pasangan Erik Atrada – Ellya Rosa Kecamatan Bilah Hilir Ismoyo, dihubungi via seluler guna diminta tanggapannya tentang issu itu mengaku sedang sibuk di ladang.

“Nanti aku hubungi lagi Mas. Aku masih di ladang, signal kurang bagus. Putus-putus suaranya,”jawab Ismoyo.

Anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu dari Dapil 3 Juhartono SP, diminta tanggapannya via seluler mengatakan, kemungkinan issu itu benar adanya.

“Bisa jadi benar bang, karena itu ekses dari Pilkada. Korban dari pilkada yang utama adalah aparatur sipil negara (ASN) yang tergeser dari posisinya karena beberapa faktor yang sudah menjadi rahasia umum,”imbuhnya.

Kendati demikian Juhartono berharap, bila terjadi penyegaran terhadap kepala sekolah, tentunya bupati yang terpilih harus memiliki pertimbangan yang logis dan rasional.

“Janganlah kasek yang punya prestasi memajukan sekolah juga dicopot. Apalagi sudah lulus penguatan kepala sekolah. Bupati kita nanti yang baru juga jangan sampai bertelinga tipis, apa usulan dan apa kata TS dituruti. Harus ada filter dan lebih banyak turun ke lapangan dari pada hanya mendengar laporan dan bisikan,”cetusnya mengakhiri.

Terpisah, mantan Ketua FKPPI Kecamatan Bilah Hilir Abdul Hasyim diminta tanggapannya memgatakan, saat ini begitu banyak oknum – oknum yang mengaku sebagai TS dan seolah punya andil besar memenangkan pasangan calon tersebut.

“Kalau sudah menang si calon banyaklah panglima talam yang bermunculan mengaku sebagai TS. Merasa punya kekuatan besar dan jadi makelar jabatan. Akibat ulah mereka, nama bupati yang baru jadi tercemar. Sebab bisa diartikan, rotasi karena usulan TS bukan karena lewat proses penyeleksian kompetensi, kapasitas dan kapabilitas,” ucap Hasyim. (jok/kal)

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

The Legion Nutrition dan Amarta Hills Berkolaborasi Gelar Body Competition

NUSADAILY.COM - KOTA BATU - Produsen suplemen olahraga, The Legion Nutrition tak berhenti memberikan dukungannya di bidang olahraga. Kali ini mereka ambil bagian sebagai...