Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaNewsNusantaraSatpol PP Denpasar Lakukan Tipiring Terhadap Pembuangan Limbah

Satpol PP Denpasar Lakukan Tipiring Terhadap Pembuangan Limbah

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – DENPASAR – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Denpasar, Bali melakukan tindakan pidana ringan (tipiring) terhadap masyarakat yang membuang limbah pemotongan hewan di kawasan drainase di kawasan Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara.

Kepala Satpol PP Kota Denpasar I Dewa Gede Anom Sayoga di Denpasar, Jumat, mengatakan pihaknya sudah melakukan tindakan terhadap seorang warga membuang limbah pemotongan hewan ke saluran air (dainase) di kawasan Peguyangan.

BACA JUGA: RSU Bhakti Rahayu Denpasar Komitmen Dukung Program Vaksinasi COVID-19

“Kami sudah ajukan atas perbuatan tersebut untuk dilakukan tindak pidana ringan ke Pengadilan Negeri Denpasar untuk diproses dan dijatuhi sanksi,” katanya.

Ia mengatakan langkah yang dilakukan pihak Satpol PP tersebut sudah berpedoman pada aturan yang berlaku dan mereka melanggar peraturan yang ada.

BACA JUGA: BPJAMSOSTEK Bali Denpasar Bayar Klaim Rp246 Miliar

Untuk menjatuhkan sanksi terhadap warga melanggar tersebut maka digelar sidang di PN Denpasar dipimpin Hakim Hari Supriyanto SH, MH di dampingi Panitera I Wayan Dereda SH dengan menjatuhkan denda kepada warga berinisial IKS sebesar Rp1 juta, biaya perkara sidang Rp2.000 dengan subsider kurungan selama 15 hari.

Dewa Sayoga usai sidang mengatakan pelaksanaan sidang tipiring ini sebagai upaya penegakan perda dan memberikan pembelajaran serta untuk memberikan efek jera bagi masyarakat yang melanggar perda.

BACA JUGA: Pemkot Denpasar Bagikan 1.384 Paket Sembako ke Petugas Kebersihan Kota

“Sidang tindak pidana ringan (tipiring) ini bukan untuk mencari kesalahan saja. Melainkan menegakkan perda dan menyosialisasikan perda itu sendiri. Sehingga masyarakat dapat menaati dan diharapkan tak ada pelanggaran lain,” katanya.

Dewa Sayoga lebih lanjut mengatakan masih adanya laporan dari masyarakat akan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. Menjadikan Satpol PP Kota Denpasar gencar melaksanakan inspeksi mendadak atau sidak. Hal ini juga guna memastikan tidak adanya aktivitas yang dapat merugikan dan mengganggu orang lain, termasuk pencemaran lingkungan.

BACA JUGA: Polres Jember Bakal Panggil Kades Tegalwangi Selaku Tuan Rumah Pesta Joget

“Tindakan penegakan perda ini akan terus kami lakukan sampai masyarakat paham akan pentingnya taat aturan,” kata Sayoga

Menurut Dewa Sayoga, adapun keseluruhan pelanggar dinyatakan bersalah dan melanggar Perda Nomor 1 Tahun 2015 tentang Ketertiban Umum.(eky)

- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Gerakan Gempur Rokok Ilegal yang Digalakkan Bea Cukai Sasar Desa Olean

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Gerakan gempur rokok ilegal (GGRI) yang digalakkan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Situbondo Bea Cukai Jember serta Kejari menyasar...