Rabu, Juni 29, 2022
BerandaNewsNusantaraRatusan Sapi Ternak di Aceh Barat Diduga Terpapar PMK

Ratusan Sapi Ternak di Aceh Barat Diduga Terpapar PMK

NUSADAILY.COM – ACEH – Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat mengungkapkan 106 ekor sapi milik masyarakat setempat diduga terindikasi kena wabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Untuk saat ini ada sekitar 106 ekor ternak sapi di Aceh Barat yang terindikasi terkena penyakit,” kata Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat Safrizal, Kamis (26/5).

BACA JUGA : Minggu Depan Vaksin PMK Sudah Tersedia, Warga Lumajang Diminta Segera Daftar ke Puskeswan Terdekat

Ia menjelaskan serangan penyakit tersebut saat ini diduga telah terjadi di dua desa, yakni Desa Arongan dan Suak Keumudee, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat.

Guna memastikan indikasi tersebut, pihaknya mengundang petugas dari Balai Veteriner Medan, Sumatera Utara. Hal itu juga untuk mengambil sampel pada ternak, seperti dari darah dan air liur.

BACA JUGA : Mentan SYL Tetapkan Dua Provinsi Status Wabah PMK

Para peternak juga diimbau untuk memberikan informasi lengkap mengenai ternak masing-masing kepada petugas sehingga memudahkan pemeriksaan.

Sementara itu, Rizal Eko Kurniawan selaku petugas kesehatan hewan dari Balai Veteriner Medan, Provinsi Sumatera Utara mengatakan pemeriksaan ternak di Aceh Barat dilakukan guna memastikan kemungkina jangkitan wabah PMK di daerah itu.

BERITA KHUSUS

Kabar Gembira! Internet Gratis Masuk RW, Wali Kota Pasuruan: Ada 68 Titik

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – Warga Kota Pasuruan kini semakin dimanjakan dengan layanan internet gratis. Tidak hanya sebatas pada ruang publik, seperti taman-taman kota,...

BERITA TERBARU

Patuhi Aturan! Lebih dari 700 ETLE Mobile Tersebar di Indonesia, Siap Tilang Pelanggar Lalin

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah mengembangkan sistem Electronic Traffic law Enforcement (ETLE) mobile di Indonesia. Walau belum diterapkan di...