Kamis, Oktober 21, 2021
BerandaNewsNusantaraPTPN XIV Unit Keera-Maroangin Kembangkan Areal Sawit

PTPN XIV Unit Keera-Maroangin Kembangkan Areal Sawit

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MAKASSAR – Mengingat prospek pasar secara global yang cukup cerah, PTPN XIV Unit Keera-Maroangin terus melakukan upaya pengembangan perkebunan sawirdan optimalisasi aset Hak Guna Usaha (HGU). Diantaranya dengan memanfaatkan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Kebun Keera-Maroangin telah melakukan persiapan dalam rangka pembukaan lahan seperti, melakukan survei, pengukuran dan pemetaan areal yang dikelola atau dibuka” kata Manajer Unit Keera Maroangin, Andi Arfawati dalam keterangan persnya di Makassar, Selasa.

BACA JUGA : Forum LSM Aceh Desak MA Ambil Alih Eksekusi Perusahaan Sawit

Sementara dari segi sosial terus dilakukan sosialisasi dengan pendekatan secara persuasif kepada pemangku kepentingan dan masyarakat sekitar dan juga melakukan pengajuan dokumen rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) berdasarkan surat rekomendasi Pemda setempat.

Selain itu, pihak unit Keera-Marongin juga telah mempersiapkan bibit siap tanam untuk menyokong perluasan tanam di areal baru seluas 200 hektare (ha).

BACA JUGA : Sejumlah Petani Mukomuko Batal Ikut Program Peremajaan Sawit

Hingga saat ini, pihak unit kebun Keera-Maroangin masih berupaya untuk menyelesaikan dokumen-dokumen pendukung dan persiapan lainnya agar dapat direalisasikan secepatnya.

Segala bentuk antisipasi untuk menghindari terjadinya konflik tetap dilaksanakan dengan melakukan pendekatan persuasif ke masyarakat. Terutama ke masyarakat yang menggarap lahan di areal Kebun Maroangin.

BACA JUGA : Isu Istri Pengusaha Sawit Riau Ditemukan di Dipondoknya, Al Fatah: Temboro Banyak Ponpes

“Kami telah siap menyosong optimalisasi aset seluas 250 ha di Maroangin, Kabupaten Enrekang, Sulsel,” kata Arfawati.

Dia mengatakan, di Maroangin sendiri telah dilakukan pengembangan areal tanam seluas 50 ha, direncanakan harus selesai sampai bulan Desember 2021. Sedangkan untuk 200 ha itu, direncanakan penyiapan lahan pada tahun ini dan ditanami pada tahun depan karena bibitnya belum siap untuk ditanam,” kata jelasnya.

BACA JUGA : Usaha Lidi di Pasaman Barat Didukung Potensi 120 Ribu Hektare Sawit

PTPN XIV Unit Keera Maroangin telah berkoordinasi dengan Bupati Enrekang, Muslimin Bando. Sejauh ini, pihak Pemda telah memberikan rekomendasi sementara luas areal tanam (HGU) kepada pihak PTPN XIV.

Berdasarkan rekomendasi bupati setempat seluas 3267 ha menjadi target kami. Sampai sekarang sudah tertanami seluas 1.440 ha. Rencana kami akan akan lanjut menanam dengan luasan 250 ha. Saya asumsikan 85 persen ditanami sawit, sisanya untuk pengembangan infrastruktur kebun dari rekomendasi bupati.(lal)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

Polda Metro Periksa Rachel Vennya Hari Ini

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Penyidik Polda Metro Jaya berencana memeriksa ​selebgram Rachel Vennya terkait dugaan kabur dari isolasi di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet...