Kamis, Mei 26, 2022
BerandaNewsNusantaraPolsek Kualuh Hilir Labuhanbatu Gagalkan Pengiriman TKI Lewat Jalur Tikus

Polsek Kualuh Hilir Labuhanbatu Gagalkan Pengiriman TKI Lewat Jalur Tikus

NUSADAILY.COM – LABUHANBATU – Personel Polsek Kualuh Hilir menggagalkan pengiriman 54 calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal tujuan Malaysia lewat pelabuhan jalur tikus, Jumat (21/01/2022).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

54 TKI ilegal tersebut diamankan sekira pukul 22.30 WIB di Desa Simandulang, Kecamatan Kualuh Hilir, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara.

“Para TKI ilegal itu berhasil kita amankan saat di dalam truk di Jalan Umum Simpang 4 Jatuan, Desa Simandulang,” kata Kapolsek Kualuh Hilir AKP Krisnat Indarto.

BACA JUGA: Kapus Tj Haloban Labuhanbatu Tahan Dana BPJS Nadis ASN dan TKS

Pengamanan TKI ilegal ini berdasarkan laporan adanya truk nopol BK 8881 ND yang terpantau mengangkut sejumlah orang untuk diberangkatkan ke Malaysia.

“Kita langsung turun ke lapangan melakukan pencegatan dan pemeriksaan. Ternyata informasi kita dapat benar adanya,” ujar Krisnat.

Menurut keterangan sopir truk tersebut, 54 calon TKI yang diangkutnya akan diantar terlebih dahulu menuju Kabupaten Asahan. Mereka terdiri dari 14 wanita dan 40 laki – laki yang berasal dari Pulau Jawa, Aceh, Medan, Langkat dan Asahan.

“Sebelumnya, para pencari kerja ini sudah diinapkan lebih dahulu di sebuah rumah warga di wilayah Asahan Baru. Kemudian akan diberangkatkan ke Malaysia lewat jalur laut menuju Malaysia. Pastinya lewat pelabuhan jalur tikus,” terang Krisnat.

Sopir truk, Aliman (30), saat dimintai keterangan polisi mengaku mendapat upah Rp1,5 juta. Atas perintah seorang pria berinisial F, warga Bangun Baru Desa Sei Kepayang Kabupaten Asahan.

“Itu pengakuan sopirnya kepada kita,” imbuh Krisnat.

BACA JUGA: Polisi Tangkap Kurir dan Istri Bandar Sabu di Labuhanbatu, Barbuk Sabu 100 Gram Disita

Sedangkan, menurut para calon TKI ilegal tersebut, mereka sudah setor kepada agen dengan nilai bervariasi.

“Ada yang sudah bayar 5 juta, 4 juta, dan 3,5 juta rupiah kepada Agen berinisial A warga Asahan,” ungkapnya.

Dari 54 calon TKI tersebut, hanya 2 orang saja yang memiliki paspor, sisanya tidak memiliki paspor pekerja maupun pelancong.

“Untuk saat ini 54 orang itu beserta supir dan dumptruck yang mengangkut pekerja ilegal itu kita serahkan ke Polres Labuhanbatu,” tandasnya. (jok/lna)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Hadiri Pernikahan Adik Jokowi-Ketua MK, Gibran Datang Pakai Beskap Lengkap

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menghadiri pernikahan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dan adik Presiden Joko Widodo, Idayati. Gibran...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily