Senin, September 26, 2022
BerandaNewsNusantaraPolres Labuhanbatu Tetapkan Dua Nelayan Tersangka Sabu 20 Kg

Polres Labuhanbatu Tetapkan Dua Nelayan Tersangka Sabu 20 Kg

NUSADAILY.COM – LABUHANBATU – Setelah sabu – sabu sebanyak 20 Kg ditemukan pada 22 Juli 2022 di perairan Selat Malaka oleh nelayan berinisial JA (46) dan As (46), Polres Labuhanbatu belum menemukan pemilik barang haram tersebut. Dari hasil penyelidikan dan penyidikan (lidik), Polres Labuhanbatu akhirnya menetapkan JA dan AS warga Desa Sungai Merdeka Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu penemu barang terlarang itu menjadi tersangka.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Keduanya kita tetapkan sebagai tersangka karena menyembunyikan empat barang haram tersebut sebanyak 3,603,34 gram,” kata Kapolres Labuhanbatu AKBP Anhar Rangkuti SIK, MH melalui Kasat Narkoba Polres Labuhanbatu AKP Martualesi SH, MH kepada awak media ini via seluler, (Senin/01/08/2022).

Menurut AKP Martualesi, kedua nelayan itu memang sengaja mencari keberadaan tas dimaksud yang berisikan narkoba jenis sabu-sabu dengan cara membentang jaring. “Setelah barang itu didapat, tas itu disembunyikan oleh AS di sebuah lahan perkebunan berlokasi di Tanjung Lumba – Lumba Desa Sei Merdeka,” terangnya.

Ditanya, siapa yang melapor kepada pihak kepolisian adanya temuan barang haram itu, AKP Martualesi mengatakan warga yang melapor ke Polsek Panai Tengah.

“Yang melapor bukan si JA, tetapi warga, siapa nama warga yang melapor Polsek yang tahu itu bang,” ujarnya.

Menindaklanjuti temuan itu, lanjutnya, Satres Narkoba Polres Labuhanbatu telah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa orang.

“Dari hasil pemeriksaan dua orang itu yang menjadi tersangka. Mereka berdua berniat menjual barang yang mereka sembunyikan untuk tambahan modal buat usaha,” sebutnya.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dipersangkakan melanggar pasal 112 Ayat 2 UU RI NO 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Adapun barang bukti yang disita dari kedua tersangka yaitu, satu tas besar warna biru dongker berisi 20 bungkus sabu- sabu sebanyak 19.255,4 Netto,1 plastik berisi 4 bungkus narkotika sabu – sabu berat 3.603,34 gram netto. Satu plastik klip berisi sabu 2,5 gram netto dan satu unit sampan kayu bermesin dompeng 6 PK dan satu gulung jaring ikan alat yang dipergunakan keduanya.

Kapolres Labuhanbatu AKBP Anhar Rangkuti, SIK, MH melakukan konferensi Pers pagi tadi, Senin (01/08/2022) tentang penemuan narkoba sebanyak 20 bungkus di halaman Mapolres Labuhanbatu. Namun, pihak Polsek Panai Tengah yang pertama kali melakukan lidik adanya temuan narkoba jenis sabu – sabu itu tidak dihadirkan dalam acara konfrensi pers tersebut.

“Gak tahu saya mas ada konfrensi pers, kita gak ada dihubungi. Tetapi ya sudah gak apa- apa, yang pentingkan sudah dipaparkan kepada rekan media,” ucap Kapolsek Panai Tengah AKP Rusdi Koto SH via seluler.

Menjawab awak media ini, siapa yang melapor kepada personil Polsek Panai Tengah adanya temuan narkoba tersebut, AKP Rusdi Koto mengatakan ada warga yang melapor bahwasannya JA menemukan tas berisikan narkoba.

Disoal bahwasannya keterangannya yang pertama mengatakan JA yang melapor kepada anggotanya yang bernama Aipda MH Azmi, AKP Rusdi Koto membantah hal itu.

“Bukan Mas, yang melapor itu warga, bahwasannya ada warga yang menemukan tas berisikan narkoba jenis sabu-sabu. Proses penyelidikannya lama itu mas baru terungkap. Kita kerja extra menyelidiki laporan itu,”ungkapnya. (jok/wan).

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

KPK Bakal Periksa Lukas Enembe Hari Ini

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe pada hari ini, Senin (26/9). Lukas akan diperiksa sebagai tersangka kasus...