Minggu, Januari 23, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsNusantaraPLTA Asahan III Berbiaya Rp5 Triliun Beroperasi 2024

PLTA Asahan III Berbiaya Rp5 Triliun Beroperasi 2024

NUSADAILY.COM – MEDAN – PT PLN (Persero) memastikan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Asahan III berbiaya Rp5 triliun akan beroperasi pada tahun 2024.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Pengoperasian proyek tersebut merupakan kerja sama antara Jepang dengan Indonesia akan memperkuat keandalan pasokan listrik di Sumatera Utara (Sumut),” kata General Manajer PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Octavianus Padudung, dalam keterangan tertulisnya, Kamis.

BACA JUGA : Sistem “Blackstart” PLTA Saguling Hanya Butuh Waktu 15 Menit

Oktavianus menyebutkan, meski masih dalam suasana pandemi COVID-19, PLN berkomitemen untuk menyelesaikan PLTA Asahan III tepat waktu. Kehadiran pembangkit berkapasitas 2×87 megawatt (MW) ini akan mendukung upaya pemerintah untuk mempercepat transisi energi.

“Jika mega proyek ini selesai akan dihasilkan daya 174 MW dan keuntungan lainnya. Bahwa pembangkit menggunakan tenaga air ini sangat efisien dan ramah lingkungan,” ujarnya.

BACA JUGA : PLN Aceh: PLTA Peusangan Efektif Masuk Sistem 2023

Ia mengatakan, proyek listrik tersebut, terletak di Kabupaten Asahan dan Kabupaten Toba, Sumatera Utara. PLTA Asahan III merupakan salah satu proyek strategis nasional yang akan mendukung keandalan sistem kelistrikan Sumatera Utara.

“Dengan adanya tambahan pasokan daya, kami semakin siap menyambut para investor yang hendak membangun industri di Provinsi Sumatera Utara,” ucap Oktavianus.

BACA JUGA : Basarnas Ikut Evakuasi Korban Longsor di Tapanuli Selatan

Sementara itu, PLN menerima kunjungan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, HE Mr.Kenji Kanasugi di PLTA Asahan III. Kunjungan Kenji, untuk melihat kemajuan proyek kerja sama antara Jepang dengan Indonesia dalam mengakselerasi energi bersih di Indonesia.

Proyek PLTA Asahan III saat ini digarap oleh Shimizu Adhikarya Join Operation.PLTA berkapasitas 2×87 MW ini rencananya mulai beroperasi pada 2024.

Duta Besar Jepang kagum atas kemajuan pembangunan PLTA ini. Sebagai wujud komitmen kedua negara untuk memastikan energi bersih dan mencapai net zero emission ke depan.

“Proyek PLTA Asahan III ini merupakan salah satu proyek penting terkait Hubungan Bilateral Indonesia dengan Jepang. Karena itu, kami sengaja datang ke sini untuk memberimkan dukungan terhadap penyelesaian proyek tersebut,:” kata Kenji.(lal)

@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed