Kamis, Januari 20, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsNusantaraPenuhi Air Bersih Musim Kemarau, Pemdes Bone Bangun Sanitasi

Penuhi Air Bersih Musim Kemarau, Pemdes Bone Bangun Sanitasi

NUSADAILY.COM – TTS – Ingin memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat pada musim kemarau tahun ini, pemerintah Desa Bone Kecamatan Amanuban Tengah Kabupaten Timor Tengah Selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur  memiliki program pembangunan sanitasi air bersih.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Kita berencana membangun sanitasi air bersih untuk menyalurkan air dari sumber air Bone. Sumber ini tetap stabil debitnya pada musim kemarau guna  pemenuhan kebutuhan warga Desa  Bone di beberapa RT di kemarau,” jelas Kepala Desa Bone Kecamatan Amanuban Tengah, Nehemia Tunu di dampingi Ketua BPD, Frit Tunu  Jumat, 4 September 2020. 

Dijelaskan, pemerintah Desa Bone  membangun sanitasi air bersih dengan mengunakan dana desa 2020. “Pembangunan kita  pakai dana desa. Pembangunan sanitasi air bersih untuk menyalurkan  air dari  sumber Air Bone yang selama ini stabil  debitnya  sepanjang tahun,” katanya dilansir Nusadaily.com.

Lebih lanjut dia menjelaskan, air bersih penting sehingga  pihaknya berencana membangun sanitasi air bersih berupa bak penampung  di beberapa titik yang sudah disurvei. Semua itu untuk mendekatkan  kepemukiman warga sehingga mudah mengambilnya. “Sumber air Bone akan kita alirkan ke beberapa titik yang dekat  pemukiman. Titik-titik itu sudah ada bak penampung nanti agar masyarakat bisa mengambil untuk penuhi kebutuhan air bersih di musim kemarau ini,”  Tutur Nehemia.

Dikatakan, salah satu titik letak bak penampung dibangun di sekitar Kompleks SD Inpres Bone. “Titik strategis untuk  air dialirkan ke warga beberapa RT yakni Kompleks SD Inpres Bone karena bisa mempermudah warga Obatan dan Kuaopa  mengambil air di musim kemarau ini,” ungkapnya.

Masih ada lagi beberapa titik lanjut Nehemia, namun akan dilakukan survei terlebih dahulu agar  kelak berfungsi dan dipakai oleh masyarakat. “Memang ada tempat lain untuk dibangun tapi kita harus menunggu tim survei. Tujuannya agar setelah itu air mengalir dan bisa di manfaatkan oleh warga. Jangan sampai tidak berfungsi setelah dibangun,” ungkap kades dua periode ini.

Diuraikan, pemanfaatan dana desa  sejauh ini untuk pembangunan rumah warga,  drainase, dan jalan. “Kita bangun rumah warga, jalan dan  drainase. Terbaru dalam menghadapi musim kemarau kita ingin bangun sanitasi air bersih,” tuturnya.

Ketua BPD   Frits Tunu dalam kesempatan sama membenarkan rencana pembangunan sanitasi air bersih. “Ya air bersih kebutuhan mendasar sehingga  kita ingin untuk bangun  bak penampungan  di beberapa titik di  wilayah Desa Bone untuk membantu warga,”  ungkapnya.

Lebih lanjut dia melakukan pengawasan terhadap semua  proses pembangunan  di desa Bone  untuk masyarakat nikmati  air bersih  di musim kemarau ini. “BPD lakukan pengawasan terhadap semua program kepada desa selama ini  demi masyarakat  Bone,” katanya. 

Dikatakan apabila ada program yang direncanakan untuk  masyarakat  oleh kepala desa dinilai tidak baik maka BPD memberikan  masukan  sesuai  peran.”  Kita jalankan tugas pengawasan  terhadap program kepala desa selama ini.” katanya.

Dia mengatakan terkait rencana pembangunan Sanitasi air bersih selaku BPD mendukung.” Kita dukung rencana program pembangunan  sanitasi air bersih untuk warga  di tahun ini,” ungkapnya. (ran/wan)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily