Senin, September 26, 2022
BerandaNewsNusantaraPengelola dan Napi Rutan Bandarlampung Deklarasi Dukung "Zero Halinar"

Pengelola dan Napi Rutan Bandarlampung Deklarasi Dukung “Zero Halinar”

NUSADAILY.COM – BANDARLAMPUNG – Pengelola Rumah Tahanan Bandarlampung bersama warga binaan setempat mendeklarasikan dukungan mereka atas “zero halinar” yakni pemberantasan narkoba, pungli dan penggunaan ponsel di dalam rumah tahanan.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA : Kemenkumham Jawa Timur Ciptakan Inovasi “E-Bon” dan “E-Pindah Napi”

Kepala Rumah Tahanan Bandarlampung, Sulardi, di Bandarlampung, Kamis, mengatakan, deklarasi zero halinar itu untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan rumah tahanan. ”Deklarasi komitmen bersama zero halinar ini berpedoman pada Peraturan Menkumham Nomor 6/2013,” katanya.

Ia melanjutkan pada deklarasi komitmen zero halinar itu, perwakilan warga binaan dari masing-masing blok telah menandatangani deklarasi komitmen bertujuan agar ke depan tidak ada lagi menyalahgunakan narkona, pungli, hingga menggunakan telefon seluler di dalam ruang tahanan.

“Tandatangan ini artinya tidak main-main. Jika ke depan masih ada yang melanggar maka akan ada sanksi yang tegas,” kata dia.

BACA JUGA : Gegara Serbuan Tikus Para Napi Lapas Australia Dievakuasi

Sulardi menyatakan dalam deklarasi zero halinar itu mereka telah memusnahkan sejumlah ponsel hasil razia di kamar hunian yang dilaksanakan secara rutin oleh petugas.

Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar disaksikan Kepala Polsek Jati Agung, Inspektur Polisi Satu Mayer Siregar, dan sejumlah pegawai rumah tahanan.

“Ini bentuk komitmen kami bersama warga binaan. Segala sesuatu benda-benda terlarang yang ditemukan akan kami musnahkan agar tidak ada lagi peredaran ponsel di dalam rutan,” kata dia.

BACA JUGA : Lapas Perempuan Pontianak Siap Pasarkan Produk Napi

Siregar menambahkan, polisi mendukung deklarasi zero halinar yang dilaksanakan pihak rutan bersama warga binaan setempat. Mereka juga siap membantu pihak rutan dalam memberantas adanya peredaran narkoba, pungli, dan lainnya.

“Kami sangat mendukung dan kami siap kapan pun membantu dalam pemberantasan seperti narkoba dan pungli. Sejauh ini kami juga terus berkoordinasi bersama rumah tahanan dan melakukan razia bersama untuk mewujudkan rumah tahanan bersih,” katanya.(ros)

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

China Menangkan Emas Quadruple Sculls Putri di Kejuaraan Dunia Dayung 2022

NUSADAILY.COM-JAKARTA- Situs resmi Federasi Dayung Internasional mengatakan bahwa Kejuaraan 2022 di Lazice, Republik Ceko memasuki hari kedua pada tanggal 24. Melansir chinanews.com, tim Tiongkok yang...