Senin, September 20, 2021
BerandaNewsNusantaraPengadaan Barang dan Jasa Dinas PUPR Blitar Mayoritas Melalui Tender

Pengadaan Barang dan Jasa Dinas PUPR Blitar Mayoritas Melalui Tender

NUSADAILY.COM – BLITAR – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Blitar sudah mendata seluruh paket pekerjaan pengadaan barang dan jasa tahun anggaran 2020. Dimana mayoritas pengadaan barang dan jasa dilakukan melalui tender.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Blitar, Puguh Imam Susanto mengatakan, sepanjang tahun 2020 ini, pengadaan barang dan jasa melalui tender diwilayahnya mecapai 83 persen. Sedangkan sisanya dilakukan melalui pengadaan langsung. “Iya mayoritas memang tender atau lelang. Makanya kita terus berupaya menyiapkan proses itu,” kata Puguh, Selasa (14/1/20).

Ia menjelaskan, tahun 2020 ini mendapat alokasi anggaran mencapai Rp 283 miliar. Rencananya, untuk pengadaan melalui tender sebanyak 149 paket dengan anggaran sekitar Rp 237,106 miliar. Sementara pengadaan langsung ada 234 paket senilai Rp 36,134 miliar.

“Nah, sementara sepanjang 2020, total ada 383 paket yang akan kita kerjakan. Nanti di Perubahan APBD 2020 kemungkinan akan bertambah,” ujarnya.

Terkait lelang, lanjut Puguh, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (BLPBJ), mulai dari persiapan, paket yang akan dilaksanakan, hingga mekanismenya.

“Jadi kita terus berupaya meningkatkan kinerja, agar kegiatan lelang bisa dilakukan dengan baik sesuai mekanisme maupun aturan yang ada,” pungkasnya.

Puguh menambahkan, saat ini pihaknya juga sedang melakukan koordinasi dengan OPD lain untuk penyamaan harga barang. Bahkan pihaknya sudah mempunyai gambaran harganya, dan tinggal mengkoordinasikan dengam OPD terkait. “Bukan maksut kita keminter, tapi ini kita lakukan agar ada kesamaan harga dan lebih mudah,” imbuhnya.(hen)

RELATED ARTICLES
- Advertisement -spot_img

popular minggu ini

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Pemkot Malang Alokasikan Dana Cukai Hasil Tembakau untuk Jaminan Kesehatan

NUSADAILY.COM - MALANG - Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan memanfaatkan Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau (CHT) untuk program pemenuhan dan penyediaan...