Sabtu, Januari 22, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsNusantaraPemrov Kalbar Pastikan Ketersediaan Pangan Sampai Akhir Tahun Aman

Pemrov Kalbar Pastikan Ketersediaan Pangan Sampai Akhir Tahun Aman

NUSADAILY.COM – PONTIANAK – Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalimantan Barat, Heronimus Hero memastikan ketersediaan pangan Kalbar sampai akhir tahun masih aman jika tidak ada gejolak yang berarti.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Untuk ketersediaan pangan tidak ada masalah. Hanya saja ada masalah distribusi yang agak sedikit terganggu akibat banjir di beberapa daerah yang merendam ruas jalan utama,” ujarnya saat dihubungi di Sintang, Jumat.

BACA JUGA : Lampung Kembangkan Pusat Pembenihan Padi Guna Jaga Ketersediaan Pangan

Ia menjelaskan akibat dari terganggunya distribusi sedikit berpengaruh pada harga komoditi pokok. Hal itu tetap menjadi perhatian dan pantaunnya agar harga kembali stabil.

“Sempat ada kenaikan di beberapa jenis komoditi bahan pokok seperti minyak goreng, telur, gula, gas LPG, beras, sayuran,” jelasnya.

BACA JUGA : Politisi Bakal Pusing, KPU: Pemilu yang Wajib Serentak hanya Memilih DPR-DPD-Presiden

Sementara itu, Kepala kantor perwakilan Bank Indonesia di Kalbar, Agus Chusaini mengatakan ada kekhawatirannya mengenai masalah ekonomi global dan bisa berdampak dengan Kalbar.

“Untuk masalah global memang benar adanya. Soal global ini yang kami khawatirkan karena mempengaruhi krisis energi yang ada baik yang terjadi di RRT maupun di negara-negara Eropa lainnya,” jelas Agus.

BACA JUGA : Gelar Rapat Terbatas, TPID Gorontalo Utara Evaluasi Ketersediaan Pangan dan Energi

Terkait stok logistik menurutnya masih ada 11 macam komoditi yang relatif aman. Meskipun sejumlah daerah terdampak banjir dan itu harus menjadi perhatian bersama. Pihaknya juga akan melakukan kerjasama antar daerah sehingga nanti perdagangan antar daerah bisa memenuhi kebutuhan di Kalbar.

“Akan tetapi, sebenarnya sampai saat ini pelaku industri itu sangat relatif. Oleh karena itu dengan bantuan yang diberikan ini bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana banjir. Saat ini masyarakat di wilayah terdampak sangat membutuhkan bantuan, baik itu makanan, obat-obatan maupun pakaian layak pakai.Saya juga mengajak semua pihak untuk ikut peduli dengan memberikan bantuan bagi para korban banjir, baik di Kabupaten Sintang maupun daerah-daerah sekitarnya,” harap Agus.(lal)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily