Kamis, Desember 9, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsNusantaraPemprov Papua Barat Beri Bantuan kepada Ribuan Pekerja Terdampak COVID-19

Pemprov Papua Barat Beri Bantuan kepada Ribuan Pekerja Terdampak COVID-19

NUSADAILY.COM – SORONG – Pemerintah Provinsi Papua Barat memberikan bantuan uang tunai bagi 36.000 lebih pekerja formal dan informal terdampak COVID-19 di tahun 2021.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Papua Barat, Ermawati Siregar di Sorong, Senin, mengatakan tahun ini ada 36.000 lebih pekerja formal maupun informal mendapat bantuan uang tunai Rp300 ribu rupiah per bulan dari pemerintah daerah setempat.

BACA JUGA: Komnas HAM Papua, Atasi Kelompok Bersenjata dengan Prinsip HAM – Nusadaily.com

Dia mengatakan bahwa bantuan tersebut adalah program bantuan tangan kasih yang merupakan kebijakan Gubernur Provinsi Papua Barat bagi masyarakat terdampak COVID-19.

Menurut dia, bantuan tangan kasih ini sudah berjalan pada tahun 2020. Dengan total penerima bantuan sebanyak 52.217 pekerja formal maupun informal terdampak COVID-19.

Bantuan tahun 2020 sebesar Rp600 ribu rupiah per bulan sehingga total sembilan bulan masing-masing orang menerima Rp5.400.000.

BACA JUGA: Mahasiswa Papua di Sulteng Bagikan Takjil Gratis ke Warga Palu – Noktahmerah.com

Namun program tahun 2020 tersebut, kata dia, masyarakat penerima bantuan diikutsertakan dalam program BPJS. Sehingga dari total Rp5.400.000 dipotong Rp200 ribu rupiah untuk iuran BPJS sehingga mereka menerima Rp5.200.000.

Ia menjelaskan bahwa tahun 2021 nilai bantuan tangan kasih menurun Rp300 ribu rupiah per bulan. Jumlah bantuan menurun karena disesuaikan dengan nilai bantuan yang diberikan pula oleh pemerintah pusat.

Penerima bantuan tangan kasih pada tahun 2021 ini pun akan diikutsertakan dalam program BPJS yang iurannya dipotong dari bantuan yang diterima.

BACA JUGA: Hentikan Pembunuhan dan Teror KKB di Papua, Negara Harus Tegas – Imperiumdaily.com

Kebijakan Gubernur ini, dijelaskannya bahwa bersasaran pada pekerja formal seperti karyawan yang di PHK atau dirumahkan akibat pandemi COVID-19. Sedangkan pekerjaan non-formal seperti nelayan, petani dan juga pedagang kecil.

“Kebijakan Gubernur Provinsi Papua Barat ini tidak ada di daerah lain sehingga kami sedang mengusulkan agar Gubernur Dominggus Mandacan mendapat penghargaan MURI.(eky)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Peningkatan aktivitas gunung Semeru ##tiktokberita

♬ suara asli - Nusa Daily