Kamis, Desember 2, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsNusantaraPemkab Sigi Dukung Pembangunan Jalan Lingkar di Kota Palu

Pemkab Sigi Dukung Pembangunan Jalan Lingkar di Kota Palu

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – SIGI – Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, bersedia mendukung penuh pembangunan jalan lingkar yang melintas di Kota Palu dan Kabupaten Sigi, yang salah satu tujuannya untuk mempercepat distribusi logistik dan hasil pertanian.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Pemerintah Kabupaten Sigi dan masyarakat Sigi pada dasarnya siap dan mendukung pembangunan jalan lingkar tersebut,” kata Bupati Sigi Mohamad Irwan, di Sigi, Kamis.

BACA JUGA: Desa Tuva Kabupaten Sigi Dilanda Banjir

Berdasarkan data Pemprov Sulteng melalui Dinas Bina Marga dan Tata Ruang bahwa jalan lingkar yang akan dibangun sepanjang 42 kilo meter. Meliputi Kabupaten Sigi dan Kota Palu.

Untuk mempercepat pembangunan jalan lingkar tersebut. Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah telah menggelar rapat yang menghadirkan Pemerintah Kota Palu dan Pemkab Sigi. Rapat itu dipimpin Wakil Gubernur Sulteng Ma’mun Amir.

BACA JUGA: Pemkab Sigi Berusaha Penuhi Kebutuhan Pangan saat Pandemi COVID-19

Bupati Sigi Mohamad Irwan mengatakan pembangunan jalan lingkar tersebut dapat menunjang mobilitas masyarakat guna mendorong roda perekonomian antar-daerah.

Sementara itu Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Syaifullah Djafar menyatakan pihaknya sedang mempersiapkan proses administrasi untuk pembangunan jalan lingkar tersebut.

BACA JUGA: Kasus Ibu Rumah Tangga di Sigi Dipertanyakan Anggota DPR RI

Menurut dia, salah satu kendala pembangunan jalan tersebut ialah pembebasan lahan. Sehingga Pemerintah Kota Palu dan Pemkab Sigi diharap dapat mengakomodir pembebasan lahan.

BACA JUGA: Wabup Sigi Minta BPBD Selesaikan Data Penerima Stimulan Bencana Gempa

Sementara itu Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma’mun Amir menyampaikan pada dasarnya Pemerintah Provinsi siap dan akan terus mendukung pembangunan yang ada di kabupaten/kota.

“Di antaranya yaitu pembangunan jalan lingkar dalam wilayah Kota Palu dan Kabupaten Sigi. Termasuk dalam hal pembebasan lahan pembangunan tersebut,” ujarnya.

BACA JUGA: Dikira Lalisa Eh Ternyata Cita Citata

Ma’mu menguatarakan Pemerintah Provinsi Sulteng akan membantu pembebasan lahan pada pembangunan jalan lingkar tersebut. Apabila lahan yang akan dibebaskan diatas lima hektare.

“Adapun pembebasan lahan di bawah lima hektare, maka pendanaan pembebahasan lahannya akan ditanggung oleh masing-masing pemerintah kabupaten/kota,” katanya.(eky)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR