Senin, November 29, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsNusantaraPAUD Asoka Labat Kupang Lepas 11 Siswa Angkatan ke-17

PAUD Asoka Labat Kupang Lepas 11 Siswa Angkatan ke-17

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – KUPANG – Sedikitnya 11 Siswa  Angkatan  ke-17  Pendidikan Anak  Usia Dini (PAUD) Asoka Labat  Kelurahan Bakunase 2 Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) resmi  dilepas, Jumat (19/6) petang. Pelepasan siswa dilakukan secara sederhana di gedung Paud. Acara dihadiri orang tua dari 11 siswa angkatan ke-17. 

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Acara pelepasan dilakukan ditandai doa  dipimpin Penatua dari  Gereja Alfa omega Labat, Ibrahim Nenotek. Ke-11 siswa  yang dilepas  tahun 2020/2021 merupakan angkatan ke-17 dan menambah jumlah lulusan  Paud Asoka  menjadi 389 orang alumni

Pendiri  PAUD Asoka, Wellem Bako  menyampaikan, seremonial pelepasan 11 anak didik dilakukan karena anak-anak  telah lulus dari  proses pendidikan selama satu tahun. Mereka dilepas dan segera bisa melanjutkan ke Sekolah Dasar. “Anak-anak saya sudah boleh tinggalkan Paud Asoka untuk melanjutkan ke Sekolah Dasar, ” jelasnya dilansir Nusadaily.com.

Lebih lanjut ditambahkan, PAUD  Asoka sebagai lembaga pendidikan berdiri sejak tahun 2003 lalu dan menghasilkan ratusan  lulusan. “Alumni Paud Asoka sebanyak  389  ditambah lulusan hari ini,” tuturnya.

Pensiunan PNS Kota Kupang ini  mengatakan, alumni  Paud Asoka ini sebagian sudah lulus  pendidikan di Perguruan Tinggi .” Alumni kita banyak yang sudah menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi dan mereka kini bekerja.” tuturnya.

Sejak berdiri 17 tahun silam, Paud memberikan pelayanan tulus dan ikhlas  dalam mendidik anak-anak bangsa, khususnya di sekitar Kelurahan Bakunase II dan Kelurahan Batuplat. “Syukur sejak  hadir,  kami menjunjung  pelayanan tulus kepada anak didik sampai hari ini,” kisahnya.

Disampaikan,  pada angkatan ke-16 PAUD  Asoka melakukan pelepasan anak didik tanpa  nomor induk siswa nasional (NISN). Tahun 2020, angkatan 17  kembali  memberikan NISN.

Dikisahkan, PAUD Asoka  awalnya berpindah-pindah tempat. Perlahan-lahan, pendiri menyisihkan  gaji pensiun dan pada akhirnya  bisa  membangun gedung. Lebih dari itu Paud Asoka  mendapat bantuan  dari pemerintah pada tahun 2012. “Paud Asoka sudah memiliki NISN, jika tidak Corona, pasti Mei lalu sudah diakreditasi.” tandasnya.

Diungkapkan Bako, sesuai pengalaman selama ini, lulusan PAUD Asoka Labat sering mendapatkan prestasi ketika duduk di bangku Sekolah Dasar maupun prestasi ekstrakurikuler di gereja melalui pendidikan anak remaja (PAR).

Bako menambahkan, tahun ajaran 2020/2021 pihaknya akan menerima anak didik baru. Ia menargetkan 10 anak didik baru lantaran masih ada lima anak didik lama yang tidak lulus.

“Saya bukan mau membanggakan diri, tetapi biasanya hasil lulusan PAUD Asoka ini saat masuk SD Inpres Labat itu biasanya pasti di kelas A semua. Dan banyak yang berprestasi. Tahun ini kita hanya kasih lulus 11 orang, 5 orang tidak lulus jadi saya target mau terima 10 orang lagi tahun ini,” ungkapnya.

Bako berharap, pemerintah kota Kupang dapat memperhatikan PAUD Asoka dari segi fasilitas maupun anggaran untuk gaji tenaga pendidik.

Ketua RT 14 RW 04 Kelurahan Bakunase II, Kecamatan Kota Raja,  Dominggus Snae  hadir  dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pengelola maupun tenaga didik yang telah membekali 11  anak usia dini itu sebelum memasuki sekolah dasar.” Mewakili pemerintah, saya  menyampaikan terima kasih atas  jasa jajaran paud Asoka baik  pendiri maupun pendidik yang berjerih lelah mendidik 11 siswa yang hari ini di lepas,” ucapnya.

Lebih lanjut  pria yang berprofesi sebagai pengaman kantor ini, ke-11 orang  anak itu adalah generasi penerus masa depan di kelurahan Bakunase II. Sehingga perlu dijaga dan dididik sebaik mungkin agar bermanfaat bagi bangsa dan negara maupun lingkungan sekitar mereka tinggal.

“Sebagai pemerintah, kami mengucapkan terimakasih kepada pengelola maupun pendidik yang telah membekali anak-anak kita sebelum masuk sekolah. Kalau ada keluarga yang punya anak usia dini silahkan daftarkan di sini untuk mendapatkan pendidikan sedini mungkin.” ujarnya.

Salah satu Perwakilan orang tua, Yati Nenotek,  mengucapkan terimakasih kepada pengelola maupun pendidik yang sudah membantu mendidik anak-anak. Yati juga meminta maaf atas tindakan anak-anak semasa mengikuti proses pendidikan di PAUD Asoka yang menyakiti hati para pendidik.” Mewakili  orang tua saya  menyampaikan terima kasih atas jerih lelah para pengajar paud Asoka Labat  dalam mendidik anak-anak kami  selama satu tahun ini.” tuturnya.

PNS Kabupaten Kupang ini menuturkan  domisili di Kelurahan Lasiana  Kecamatan Kelapa Lima  namun memilih untuk menyekolahkan anaknya  di  Paud Asoka  karena merasa di paud Asoka anak akan di jaga dan didik dengan baik.

“Kami tinggal di Lasiana  bersama Anak tetapi saya percaya bahwa disini pasti dia di jaga dengan baik makanya saya titip sekolah di Asoka. Saya mewakili orang tua anak didik yang lulus hari ini mengucapkan terimakasih kepada bapak atau ibu yang telah mendidik anak-anak kami. Minta maaf juga kalau anak-anak kami sempat nakal semasa sekolah.” ungkapnya. 

11 orang anak B didik lulusan Asoka Labat, Elisa Geral Nabuasa, Jandri Paulus Bani, Carles Yunior Nara Lulu, Lovely Astriani Lusi, Arjuna Saputra Nesimnasi, Safira Tefa, Jhyo Samuel Panie, Aprilya Pascuela Nenabu, Gisela Derisalia Pritama Liu, Yeremia Lyschendring Salukh, dan Bellatrik Nathania Wadu. (soi/wan)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR