Senin, Januari 24, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsNusantaraNelayan di Pekalongan Nekat Melaut Meskipun Cuaca Buruk

Nelayan di Pekalongan Nekat Melaut Meskipun Cuaca Buruk

NUSADAILY.COM – PEKALONGAN – Para nelayan kecil di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, masih tetap nekat melaut untuk mencari ikan meski kondisi buruk masih melanda di perairan Laut Jawa.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan Sirhan di Pekalongan, Sabtu, mengatakan bahwa sebagian besar nelayan yang masih melaut tersebut menggunakan kapal berbobot 2 gross tonnage (GT) hingga 10 GT.

BACA JUGA : Ini Penjelasan Polisi soal Bola Hitam Besar ‘Yokohama 50KPa’ yang Ditemukan Nelayan Kepri – Nusadaily.com

“Oleh karena, para nelayan Pekalongan ini hanya melaut di sekitar pantai utara Pulau Jawa, tidak seperti mereka yang menggunakan kapal berbobot di atas 10 GT hingga 30 GT,” katanya.

Menurut dia, bagi kapal nelayan kecil, biasanya berangkat melaut pada sore hari kemudian pulang pagi hari. Hal ini berbeda dengan kapal besar yang melaut hingga beberapa hari.

Kapal nelayan kecil, kata dia, mencari ikan hanya untuk memenuhi biaya setiap harinya, artinya hasil tangkapan ikan setiap hari dijual di tempat pelelangan ikan (TPI) setempat.

BACA JUGA : Nelayan di Kupang Sudah Parkir Kapalnya Sebulan – Noktahmerah.com

“Hasil tangkapan ikan nelayan kecil ini memang sedikit karena mereka melaut cukup 1 hari untuk sekadar memenuhi kebutuhan hidup setiap harinya sehingga meski kondisi buruk di laut, mereka tetap mencari ikan,” katanya.

Pemkab Mengingatkan Untuk Selalu Berhati-hati dengan Cuaca di Laut

Pada kondisi cuaca buruk seperti sekarang ini, Sirhan mengingatkan kepada para nelayan untuk berhati-hati dan waspada. Karena gelombang laut relatif cukup besar yang membahayakan keselamatan mereka.

“Syahbandar pasti akan mengingatkan para nelayan yang akan pergi melaut. Karena mereka yang tahu persis dengan keadaan kondisi cuaca di laut,” katanya.

BACA JUGA : Gunakan Jaring Trawl, 12 Nelayan Diamankan Sat Polairud Polres Gresik – Javasatu.com

Nelayan Slamet mengatakan bahwa para nelayan kecil memang tetap melaut untuk mencari ikan meski kondisi cuaca di laut relatif buruk.

“Dalam kondisi seperti sekarang ini hasil tangkapan ikan memang tidak begitu banyak. Namun, untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari, kami harus tetap melaut,” katanya.(lal)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed