Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsNusantaraMenparekraf Pesan 120 Kain Tenun di Bali

Menparekraf Pesan 120 Kain Tenun di Bali

NUSADAILY.COM – Karangasem – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memesan 120 kain tenun yang diproduksi perajin di Desa Tenganan, Kabupaten Karangasem, Bali.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kain tenun ikat yang ia pesan tersebut rencananya akan menjadi hadiah untuk para pemimpin dunia yang hadir pada perhelatan G20 yang rencananya akan berada di wilayah Bali.

“Kemenparekraf memesan 120 kain tenun untuk perhelatan G20. Jadi tahun depan sudah siap untuk dihadiahkan kepada para pemimpin dunia G20,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Tenganan Pegringsingan, Bali, Jumat.

Saat mengunjungi desa wisata dalam rangkaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tersebut, Menparekraf meninjau aktivitas warga setempat. Peninjauan ia lakukan saat proses produksi kain tenun Gringsing khas Tenganan. Selain meninjau, Menparekraf Sandiaga Uno juga berbincang dengan para perajin.

Menurut Menparekraf Sandiaga Uno, perajin mengeluhkan omset transaksi penjualan kain tenun yang menurun selama pandemi COVID-19.

BACA JUGA: Bamsoet dan Sandiaga Uno Sepakat Usulkan Atur Industri Modifikasi Otomotif dalam Peraturan Pemerintah

“Tenun ini adalah tenun yang legend dan ikonik sehingga saya ingin mendorong. Semoga pesanan ini menjadi penyemangat ibu-ibu penenun sekaligus bisa membantu para perajin di sini,” katanya.

Ia menambahkan, selain untuk membantu kondisi perekonomian masyarakat setempat yang terdampak pandemi. Harapannya pesanan 120 kain tenun tersebut juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi para warga.

“Untuk pengerjaan pesanan 120 kain tenun ini ada sekitar 400 orang yang mengerjakannya. Ada 400 lapangan kerja terbuka dari kunjungan kita dan mudah-mudahan lebih banyak lagi kunjungan ke Desa Tenganan,” ungkap Sandiaga Uno.

Selain itu, Menparekraf juga berencana akan mengajak tamu dan delegasi untuk nantinya dapat melakukan kunjungan ke Desa Wisata Tenganan Pegringsingan dalam rangkaian G20 tahun depan.

“Desa Wisata Tenganan Pegringsingan ini bisa dibilang sudah berkelas dunia dan sudah dikenal oleh seluruh dunia. Peserta G20 akan saya ajak ke Desa Tenganan ini,” ujarnya. (nd5)

BACA JUGA: Menparekraf Dorong Pelaku Parekraf Buat Konten Kreatif Orisinal

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Cacar Monyet Mewabah, ECDC: Lebih dari 200 Ribu Kasus Terdeteksi

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Lebih dari belasan negara di mana cacar monyet mewabah, yang sebagian besar terjadi di Eropa, telah melaporkan setidaknya satu kasus...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily