Senin, Oktober 18, 2021
BerandaNewsNusantaraMampet Lagi, PDAM Kota Malang Riwayatmu Hingga Kini

Mampet Lagi, PDAM Kota Malang Riwayatmu Hingga Kini

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MALANG – Krisis air bersih di Kota Malang lagi-lagi terjadi. Kali ini 36 kawasan perumahan dan pemukiman di Kota Malang yang jadi pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), harus sabar menunggu datangnya pasokan air bersih. Masalahnya masih sama, pipa bocor, lagi.

Dilaporkan, air PDAM yang mampet sejak Sabtu (11/01) lalu dirasakan oleh ribuan pelanggan mulai dari Jalan Ki Ageng Gribig, Jalan Mayjen Sungkono, Perum Green Living, Bumiayu, Arjowinangun, Jalan Muharto, Jalan Lowokdoro, Gadang, kawasan Sawojajar, Perum Puncak Buring Indah, Buring Hill, Tlogowaru, dan beberapa kawasan lain di sisi timur Kota Malang.

Namun ini tidak lagi mengejutkan. Pasalnya, PDAM Kota Malang sudah sering jadi langganan “pipa bocor”. Seperti diketahui, sejak Oktober 2019 lalu saja, sudah empat kali air PDAM Kota Malang mampet.

Dari data yang dihimpun radarmalang.id, pada 9 Oktober 2019 air PDAM mampet melanda 26.178 Sambungan Rumah (SR). Selanjutnya kebocoran-kebocoran pipa terjadi lagi pada 11 dan 21 Desember 2019, dan yang terbaru 11 Januari 2020 kemarin.

Direktur Utama (Dirut) PDAM Kota Malang M. Nor Muhlas mengklaim sebagian wilayah terdampak sudah bebas dari air mampet. Katanya proses normalisasi memang membutuhkan waktu.

”Ini (normalisasi) memang bertahap, di beberapa wilayah seperti Ki Ageng Gribig itu sudah teraliri,” kata Muhlas, Senin.

Muhlas juga telah mengerahkan pengiriman air gratis, namun dropping tersebut dinilai warga belum maksimal dan sedikit terlambat.

Terlepas dari air mampet, sejak beberapa tahun belakang, kinerja PDAM Kota Malang memang kerap menjadi sorotan. Mulai dari proyek hibah air minum bantuan Kementerian PUPR pada 2018, yang menuai protes karena dinilai tak melibatkan warga.

- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Meski Usia Baru Seumur Jagung, Kota Batu Bertabur Prestasi

NUSADAILY.COM - KOTA BATU - Kota Batu masih berusia relatif muda dibandingkan daerah-daerah lainnya di Jawa Timur. Tepat di hari ini, Minggu (17/10), kota...