Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaNewsNusantaraKPU Sultra: Tiga Daerah Tanpa Sengketa Pilkada

KPU Sultra: Tiga Daerah Tanpa Sengketa Pilkada

NUSADAILY.COM – KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyampaikan bahwa tiga daerah pemilihan kepala daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 tanpa ada sengketa dapat melakukan pleno penetapan bupati dan wakil bupati terpilih.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA : Begini Syarat Sengketa Hasil Pilkada yang Bisa Digugat ke MK – Nusadaily.com

Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Sultra Ade Suerani di Kendari, Jumat, mengatakan tiga kabupaten yang melakukan pleno penetapan adalah Kolaka Timur (Koltim), Buton Utara (Butur), dan Konawe Utara.

“Kolaka Timur rapat pleno penetapan dilaksanakan Kamis kemarin, untuk Buton Utara dan Konawe Utara dijadwalkan hari Jumat ini,” kata Ade.

Ia menyampaikan, Mahkamah Konstitusi (MK) telah menerbitkan Buku Registrasi Perkara Konstitusi elektronik (e-BRPK) dan menyatakan bahwa ketiga kabupaten tersebut bebas dari sengketa pilkada, sehingga dilakukan pleno penetapan.

BACA JUGA : Bawaslu Jatim Petakan Konflik Pilkada Serentak di Jawa Timur – Imperiumdaily.com

“Pleno penetapan setelah adanya surat resmi dari KPU RI itu berupa penyampaian. Karena kita di daerah butuh pemberitahuan resminya sebelum masuk ke tahapan selanjutnya. Prosesnya, MK menyurat ke KPU RI bahwa di daerah tersebut dinyatakan tidak ada gugatan,” kata Ade.

Selanjutnya, sambung Ade, KPU RI menyurat ke KPU Kabupaten untuk kemudian dilakukan pleno penetapan pasangan calon (paslon) terpilih paling lama tiga hari setelah pemberitahuan diterima.

“Nanti, KPU langsung menyurat ke DPRD setempat untuk selanjutnya dilakukan pengesahan pelantikan dan pemberhentian kepala daerah sebelumnya,” jelansya.

BACA JUGA : MPR Tegaskan Pilkada Langsung Lebih Menguntungkan Masyarakat – Noktahmerah.com

Dijelaskannya, untuk pelantikan bupati dan wakil bupati periode lima tahun mendatang akan dilakukan setelah di hari akhir masa jabatan (AMJ) masing-masing kepala daerah. Dimana Kabupaten Butur dan Koltim, masa jabatan kepala daerahnya berakhir pada 17 Februari, sementara Konut berakhir pada 21 April mendatang.

Pelantikan Kepala Daerah Pemenang Pilkada 2020

“Jadi, di hari yang sama berakhirnya masa jabatan akan dilakukan pelantikan kepala daerah pemenang pilkada 2020. Kalau incumbent dan terpilih kembali, maka akan kembali dilantik juga di hari itu, karena tidak mungkin kan ada kekosongan,” ujar Ade.

Diketahui, ada empat daerah berperkara yakni Kabupaten Muna, Wakatobi, Konawe Selatan (Konsel) dan Konawe Kepulauan (Konkep), Ade menuturkan. Tahapan akan dilanjutkan jika proses sengketa pilkada di MK telah selesai. Melihat kalender MK, sidang pleno putusan berakhir pada 24 Maret 2021.(ros)

BERITA KHUSUS

Peringatan HUT ke-77 RI Kota Pasuruan, Dari Upacara Bendera Hingga Bagi Akta Kelahiran

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Kota Pasuruan dilaksanakan pada Rabu, 17 Agustus 2022. Dimulai dengan Upacara peringatan...

BERITA TERBARU

“Ritel Instan”, Terobosan Baru Supermarket di Beijing

NUSADAILY.COM-JAKARTA- Supermarket sangat dibutuhkan oleh banyak orang, dengan alasan sebagai solusi yang praktis dalam memenuhi kebutuhan harian. Sekarang ini, supermarket banyak melakukan berbagai inovasi agar...