Selasa, Januari 25, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsNusantaraKonsumsi Avtur Kalimantan Turun Lebih dari 11 Persen

Konsumsi Avtur Kalimantan Turun Lebih dari 11 Persen

NUSADAILY.COM – BALIKPAPAN – Peniadaan penerbangan menjelang Idul Fitri sebagai bagian upaya mencegah penyebaran COVID-19 berdampak pada konsumsi avtur atau bahan bakar pesawat terbang.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri ini konsumsi avtur turun sebesar 11,8 persen dari konsumsi normal bulanan,” kata General Manager Pemasaran Pertamina Kalimantan Freddy Anwar, Jumat.

BACA JUGA : Terima Komisi Informasi Publik Kalimantan Timur, Bamsoet Ingatkan Pentingnya Keterbukaan Informasi – Nusadaily.com

Angka tersebut terutama berasal dari konsumsi avtur melalui bandara-bandara di Kalimantan. Seperti Bandara Sepinggan di Balikpapan, Bandara Syamsuddin Noor di Banjarmasin, Bandara Tjilik Riwut di Palangkaraya, Bandara Supadio di Pontianak, juga Bandara Kalimarau di Berau, Bandara Juwata di Tarakan.

Dari seluruh bandara itu tercatat konsumsi avtur mencapai 347 kiloliter (kl) per bulan. Yang saat ini turun menjadi 306 kl per bulan saat Ramadhan ini.

BACA JUGA : Bamsoet Berhasil Selesaikan Dualisme Kepemimpinan Pengprov IMI Kalimantan Timur – Noktahmerah.com

“Malah kalau untuk Kalimantan Timur saja turunnya sebesar 28,7 persen, dari 189,49 KL per bulan menjadi 135,05 KL per bulan,” rinci Freddy.

Tren Penurunan Berhenti

Namun demikian, kata dia, tren penurunan ini akan segera berhenti begitu perayaan Idul Fitri berlalu dan penerbangan kembali pulih. Menurut Freddy, Pertamina tetap menjaga stok avtur di sembilan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) di Kalimantan.

BACA JUGA : BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Guyur Sebagian Jawa, Sumatera, dan Kalimantan – Imperiumdaily.com

“Kami perkirakan konsumsi avtur akan kembali meningkat pada bulan Juni sejak pemberlakukan kenormalan yang baru terlaksana,” kata Freddy.

Larangan mudik mengacu kepada surat edaran Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021. Larangan ini berdasar pengalaman beberapa peristiwa sebelumnya. Di mana peristiwa arus massa besar-besaran selalu membuat jumlah warga yang terpapar COVID-19 kembali meningkat. Agar efektif larangan mudik diwujudkan dengan menutup penerbangan, meniadakan untuk sementara transportasi umum antarkota dan antarprovinsi.

Untuk penggunaan kendaraan pribadi, Satgas COVID di kota atau kabupaten melakukan penyekatan di tempat-tempat tertentu. Di Balikpapan, misalnya, ada pos di KM 17 Jalan Soekarno-Hatta, juga pos di gerbang Pantai Lamaru di Jalan Mulawarman yang mencegah warga Kota Minyak ke luar kota.(lal)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed