Sabtu, Januari 22, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsNusantaraKasus ISPA di Bengkulu Selatan Capai 1.082 Orang

Kasus ISPA di Bengkulu Selatan Capai 1.082 Orang

NUSADAILY.COM – BENGKULU – Kasus Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) di Kabupaten Bengkulu Selatan mencapai 1.082 orang. Merupakan kasus tertinggi di Provinsi Bengkulu.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA : Dispar: Kota Lama Kesawan Destinasi Wisata Baru di Medan

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Meli  menyebutkan penyebab tingginya kasus ISPA di Bengkulu karena tingginya alergi masyarakat terhadap cuaca. 

“Kasus ISPA di Bengkulu cukup tinggi dan untuk tahun ini ada pengurangan sebab masyarakat selalu menggunakan masker,” kata Meli di Bengkulu, Jumat. Setelah Kabupaten Bengkulu Selatan kasus ISPA tertinggi kedua  ada di Kabupaten Mukomuko dengan jumlah penderita 566 orang, disusul Kota Bengkulu 452 orang,  Kabupaten Rejang Lebong 378 orang, Kabupaten Bengkulu Tengah 169 orang.

BACA JUGA : Dispar: Pengelolaan TWA Bukit Kaba Dilakukan BUMDes

Kabupaten Kepahiang jumlah kasus 63 orang, Kabupaten Bengkulu Utara 66 orang, Kabupaten Lebong 59 orang. Daerah terendah ISPA di Bengkulu yaitu Kabupaten Kaur 47 orang.

“Kebanyakkan yang terkena ISPA di Provinsi Bengkulu yaitu balita,” ujarnya. Menurut Meli, tingginya kasus ISPA menyerang balita karena rendahnya pengetahuan dan pemahaman petugas terkait ISPA. Serta ketergantungan daerah ke pemerintah pusat.

BACA JUGA :  Disparta Kota Batu Bakal Tambah 100 Unit Troli di Sentra Bunga Sidomulyo

Selain itu, beberapa Kabupaten dan Kota tidak memiliki dana APBD untuk operasional ISPA dan tergantung dengan anggaran dekonsentrasi.(ros)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily