Rabu, Januari 19, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsNusantaraKapolda Kalteng: Jelang Idul Adha, Masyarakat Dihimbau Kurangi Mobilitas

Kapolda Kalteng: Jelang Idul Adha, Masyarakat Dihimbau Kurangi Mobilitas

NUSADAILY.COM – PALANGKA RAYA – Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Dedi Prasetyo mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya di Kota Palangka Raya, agar mengurangi mobilitas atau perjalanan menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha, karena penyebaran COVID-19 di wilayah itu masih cukup tinggi.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Tingginya angka penyebaran COVID-19 ini, harus menjadi peringatan bagi masyarakat agar selalu mendisiplinkan diri dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,” kata Kapolda di Palangka Raya, Minggu.

BACA JUGA : Pemkot Madiun Tiadakan Takbir Keliling dan Salat Idul Adha Berjamaah

Dikatakan, Polda Kalteng bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi setempat beserta Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI), telah mengeluarkan surat edaran bersama tentang pelaksanaan malam takbiran, shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban.

Shalat Idul Adha di Rumah

Dedi mengatakan dalam surat edaran tersebut, disarankan masyarakat melaksanakan shalat Idul Adha di rumah bersama keluarga masing-masing. Penyelenggaraan shalat Idul Adha dapat dilaksanakan di daerah zona kuning dan hijau. Pengurus masjid, mushola atau panitia shalat Idul Adha wajib menyiapkan kelengkapan protokol kesehatan, hal yang sama juga wajib dipenuhi oleh jamaah.

BACA JUGA : Pemkot Batu Tiadakan Pelaksanaan Salat Idul Adha di Tempat Ibadah

“Kami meminta masyarakat untuk meminimalisir dengan membatasi silaturahmi hanya dengan keluarga dekat saja,. Serta menghindari halal bihalal di kantor, komunitas yang dapat menimbulkan kerumunan,” beber dia.

Jenderal berpangkat melati dua itu pun meminta, agar panitia shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban selalu berkoordinasi. Serta meminta asistensi dari Tim Satgas COVID-19 untuk dilakukan pendampingan.

BACA JUGA : Pemprov Jatim Imbau Salat Idul Adha 1442 H di Rumah

“Panitia diwajibkan mengatur pembagian hewan qurban agar tidak menciptakan kerumunan. Bisa diantar ke rumah masing-masing atau memberikan batas waktu kepada penerima qurban,” jelas dia.

Tim Satgas Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya pun terus gencar melakukan kegiatan menjelang Hari Raya Idul Adha. Mulai dari baik pengecekan tempat usaha seperti kafe, rumah makan serta lain sebagainya.

BACA JUGA : Lyia Rilis Single Baru Berjudul Iki Piye

Bahkan tim juga gencar melakukan Operasi Yustisi guna mendisiplinkan warga yang tidak menggunakan masker ketika berada di luar rumah dan jalan raya.(ros)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily