Minggu, Desember 5, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsNusantaraJohan Minta KKP Optimalkan Daya Saing Produk Perikanan

Johan Minta KKP Optimalkan Daya Saing Produk Perikanan

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Dalam melaksanakan fungsi pengawasan Komisi IV DPR RI, Kamis. 28 Januari 2021, melakukan Kunjungan Spesifik ke Pasar Ikan Modern yang ada di Kota Palembang Sumatera Selatan.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Pasar tersebut Pasar tersebut merupakan program dari KKP, yang bertujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat dengan menyediakan tempat jual beli yang khusus dan higienis.

Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS H.Johan Rosihan ST. Yang ikut dalam rombongan tersebut mengatakan sejak diresmikan Menteri KKP beberapa bulan lalu, dirinya melihat fungsi dan keberadaan pasar tersebut belum optimal sebagai sentra bisnis perikanan yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Dia juga meminta, agar pasar ikan modern yang dikelola oleh KKP dapat memenuhi standar tempat jual beli yang nyaman untuk menyediakan ikan yang bermutu, beragam dan terjangkau.

“Saya minta KKP segera optimalkan keberadaan pasar ikan ini sebagai bentuk penguatan daya saing produk perikanan kita, pinta Johan, karena saat ini diperlukan peningkatan kualitas mutu produk perikanan sebagai syarat mutlak bagi perlindungan konsumen,” Pinta Johan Rosihan.

Pria yang akrab disapa Johan ini menambahkan agar pasar ikan modern mampu membentuk persepsi baru tentang pasar ikan yang selama ini dipersepsi dengan keadaan yang semrawut, kotor dan bau, menjadi tempat yang menarik maka pengunjung akan menikmati berbelanja apalagi di tunjang dengan fasilitas yang modern dan produk ikan yang bermutu.

“Jadi KKP harus menjadikan pasar ini sebagai sarana untuk memperkuat daya saing produk perikanan kita, baik produk segar maupun produk olahan,” tutur Johan.

Johan berharap melalui kunjungan Komisi IV DPR ini dapat mengingatkan KKP, bahwa pasar ini tidak boleh disia-siakan dan harus diupayakan memenuhi kenyamanan pengunjung,

” Dengan menyediakan mutu produk perikanan yang masih segar dan berkualitas tinggi serta adanya fasilitas pendukung yang dapat memperkuat daya saing produk perikanan kita,” papar Johan.

Disamping itu juga Johan Mendorong KKP, agar terus berupaya meningkatkan pertumbuhan konsumsi ikan secara nasional, karena menurut Johan, Kota Palembang yang dikunjunginya ini merupakan salah satu konsumen ikan yang cukup baik karena makanan berbahan dasar ikan merupakan makanan utama masyarakat di sini dari sejak dahulu.

“Berdasarkan data BPS, konsumsi ikan di Kota Palembang mencapai 40 kg per kapita per tahun dengan ikan yang dihasilkan rata-rata 12-15 ton per hari dan kebutuhan konsumsi mencapai 18 ton per hari,” urai Johan.

Johanpun menilai Indonesia sebagai negara maritim yang memiliki potensi produksi ikan yang sangat besar, angka konsumsi ikan secara nasional masih kalah jauh dari negara tetangga seperti Malaysia yang mencapai 70 Kg per kapita per tahun.

“Semoga ke depan masyarakat kita semakin gemar makan ikan dengan dorongan berbagai program untuk meningkatkan gizi masyarakat semakin baik,” pungkas Johan. (sir/kal)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR