Kamis, Mei 26, 2022
BerandaNewsNusantaraJaksa TTS dan Inspektorat Cek Kondisi Embung Oekefan yang Bermasalah

Jaksa TTS dan Inspektorat Cek Kondisi Embung Oekefan yang Bermasalah

NUSADAILY.COM – TTS – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Andarias D’Ornay, SH, MH, melakukan pengecekan dan pemantauan kondisi terkini Embung Oekefan yang sedang dalam proses penyelidikan aparat Kejaksaan TTS, Jumat (21/1/2022).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Dalam pengecekan tersebut, Kajari TTS didampingi Kasi Pidsus I Made Santiawan, SH bersama Tim Inspektorat Kabupaten TTS yakni Yune Koy dan Misraim Benu.

Baca Juga: Mayat Mr. X Ditemukan Mengapung di Embung Suwaru

Kerusakan Spillway

Menurut Yune Koy kepada awak media di lokasi Embung Oekefan, Kelurahan Oekefan, Kecamatan Kota Soe, menjelaskan, hasil pengecekan dan pemantauan ditemuakan adanya kerusakan pada spillway (saluran pelimpahan).

“Hasil pengecekan kami menemukan adanya spillway yang sudah rusak. Sementara itu, untuk kondisi secara keseluruhan, airnya ada, orang yang menimbah air dari Embung ini juga ada. Ada juga yang sedang memancing,” jelas Yune yang didampingi Mis Benu.

Baca Juga: Akhir 2021 Kabupaten Malang Miliki Embung Berkapasitas 73 Meter³

Diakui Yune, bahwa setelah pengerjaan 9 Embung termasuk Embung Oekefan, tim dari BPK langsung melakukan audit namun hasil belum diketahui.

“Seingat saya, usai dikerjakan, kalau tidak salah pada tahun 2015 atau 2016 tim dari BPK langsung melakukan audit, tapi hasilnya seperti apa kami tidak tahu,”tambah Yune.

Baca Juga: BPBD Kalsel Dorong Daerah Bangun Embung Antisipasi Karhutla

Sementara, Kasi Pidsus Kejari TTS, I Made Santiawan mengatakan, berdasarkan petunjuk Kejaksaan Tinggi Provinsi NTT meminta Kejari TTS untuk mengirimkan surat kepada Inspektorat. Untuk melakukan audit pekerjaan Embung Oekefan, dan sudah dilakukan.

“Berdasarkan petunjuk Kejati, kami diminta untuk menyurati Inspektorat, agar melakukan audit. Untuk mengetahui nilai kerugian negara dalam proyek Embung Oekefan. Kamu sudah bangun koordinasi dengan pihak inspektorat Kabupaten TTS, saati ini masih menunggu balasan dari Inspektorat,”ujar Santiawan.

Baca Juga: Sejarah Berdirinya OM Monata, Poros Dangdut Pantura

Untuk diketahui, saat ini penyidik Kejaksaan Negeri TTS sedang melakukan penyelidikan delapan Embung yang dikerjakan tahun 2015 diduga bermasalah.

Kedepalan Embung tersebut adalah Embung di Keletunan, Oekefan, Netpala, Skinu, Nusa, Tuasene, Nifukiu dan Embung di desa Noeolin. (bai/ark)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Pernikahan Ketua MK dengan Adik Jokowi Berlangsung Hari Ini

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman bakal resmi meminang adik Presiden RI Joko Widodo, Idayati hari ini, Kamis (26/5). Pernikahan rencananya bakal...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily