Senin, Januari 24, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsNusantaraHari Cuci Tangan Sedunia, Cara Efisien Berlindung dari Pandemi

Hari Cuci Tangan Sedunia, Cara Efisien Berlindung dari Pandemi

NUSADAILY.COM – Jakarta – Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia atau Global Handwashing Day (GHD) dirayakan setiap tanggal 15 Oktober untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun. Peringatan ini merupakan yang ke-12 sejak digulirkan pertama kali pada 2008 di Pekan Air Dunia tahunan di Stockholm, Swedia.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA: Tradisi “Mencuci”, Kini Jadi Lebih Diyakini Digdayagunanya: “Cuci Tangan” Tema Aktual Terviral di Era Covid-19

Hari Cuci Tangan Sedunia merupakan sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun kepada masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

Hari Cuci Tangan Sedunia 2020 mengambil tema “Kebersihan Tangan untuk Semua” di tengah pandemi Covid-19. Mencuci tangan tahun ini telah menjadi pusat perhatian sebagai salah satu cara paling efisien untuk melindungi dari pandemi virus corona (COVID-19) yang sedang berlangsung, memperkuat pesan bahwa kebersihan tangan sama pentingnya dalam mencegah penyakit dan menjaga kesehatan.

Hari ini, Cuci Tangan Sedunia diperingati untuk mengambil tindakan meningkatkan akses dan praktik cuci tangan pakai sabun sehingga semua masyarakat bersatu untuk menjaga kebersihan tangan dan menghentikan penyebaran COVID-19. Penting bagi setiap orang, di mana pun dan kapan pun untuk selalu mencuci tangan.

Cuci tangan adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dan keluarga dari penyakit. Kebiasaan tidak mencuci tangan menyebabkan kuman yang berada di tangan sangat mudah berpindah ke bagian mulut ketika Anda makan, hal ini tentunya bisa membahayakan kesehatan tubuh.

BACA JUGA: Aktor Jefri Nichol Sempat Panik, Kini Rajin Cuci Tangan

Berikut Tiga Bahaya Ketika Tidak Mencuci Tangan:

  1. Umumnya, orang sering menyentuh mata, hidung, dan mulut mereka tanpa disadari. Hal itu bisa membuat kuman dengan mudah masuk ke dalam tubuh melalui ketiga area tersebut. Mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dapat mencegah Anda terkena penyakit diare, infeksi saluran pernapasan (termasuk infeksi corona virus), serta infeksi kulit dan mata.
  2. Ketika Anda makan tanpa mencuci tangan, kuman yang berada di tangan bisa saja masuk ke minuman dan makanan, baik saat menyiapkan makanan atau saat mengonsumsinya. Kuman dapat berkembang biak pada beberapa jenis makanan dan minuman, yang kemudian dapat membuat jatuh sakit.
  3. Kuman dari tangan yang tidak dicuci, tentunya dapat berpindah ke benda lain. Misalnya, mainan, gagang pintu, atau permukaan meja

Cara Mencuci Tangan yang Benar Menurut WHO:

  1. Basahi tangan dan tuangkan atau oleskan produk sabun di telapan tangan.
  2. Tangkupkan kedua telapak tangan dan gosokkan produk sabun yang telah dituangkan.
  3. Letakkan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri dengan jari yang terjalin dan ulangi untuk sebaliknya.
  4. Letakkan telapak tangan kanan ke telapak tangan kiri dengan jari saling terkait.
  5. Tangan kanan dan kiri saling menggenggam dan jari bertautan agar sabun mengenai kuku dan pangkal jari.
  6. Gosok ibu jari kiri dengan menggunakan tangan kanan dan sebaliknya.
  7. Gosokkan jari-jari tangan kanan yang tergenggam di telapak tangan kiri dan sebaliknya.
  8. Bilas dan keringkan. Setelah kering, tangan Anda sudah aman dari bakteri dan kotoran. (Ian)
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed