Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaNewsNusantaraGunung Merapi Keluarkan 18 Kali Guguran Lava Pijar Sejauh 1,5 Km

Gunung Merapi Keluarkan 18 Kali Guguran Lava Pijar Sejauh 1,5 Km

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – YOGYAKARTA – Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah mengeluarkan 18 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimum 1.500 meter ke arah barat daya berdasarkan pengamatan pada Kamis mulai pukul 00.00 hingga 06.00 WIB.

BACA JUGA: Mendag Optimitis 30 Juta UMKM Bergabung di Perdagangan Digital

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida menuturkan selain guguran lava pijar, Merapi juga mengalami 64 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-39 milimeter (mm) selama 20-121 detik, empat kali gempa hembusan dengan amplitudo 5-7 milimeter (mm) selama 18-53 detik, serta satu kali gempa fase banyak dengan amplitudo 4 milimeter (mm) selama 9 detik.

BACA JUGA: Bukan Menakuti, Tsunami Megathrust Selatan Jawa, Nyaris Menyentuh Istana

Cuaca di gunung tersebut berawan dan mendung. Angin bertiup sedang ke arah barat dengan suhu udara 11-21 derajat Celsius, kelembaban udara 60-73 persen dan tekanan udara 836-918 mmHg.

BACA JUGA: Evakuasi Staf Diplomatik AS di Kabul Bangkitkan Memori Saigon 1975

Sementara untuk periode pengamatan pada Rabu (25/8) malam, pukul 18.00-24.00 WIB, Gunung Merapi mencatatkan 11 kali meluncurkan guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimum 1.500 meter ke arah barat daya.

Hingga kini BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada Level III atau Siaga.

BACA JUGA: Perkebunan Kedelai Boros Lahan Lima Kali Lipat Dibanding Kelapa Sawit

Guguran lava dan awan panas Gunung Merapi diperkirakan berdampak pada wilayah sektor selatan-barat daya. Meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

BACA JUGA: Cover Dangdut Charly Van Houten, Mantan Vokalis ST12

Adapun jika terjadi letusan, lontaran material vulkanik dari Gunung Merapi dapat menjangkau radius tiga kilometer dari puncak gunung.(eky)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Istri Selingkuh, Suami Bawa Alat Berat Hancurkan Rumah😱##tiktokberita

♬ kau curangi cintaku - Milan indramayu