Kamis, September 23, 2021
BerandaNewsNusantaraGubernur Babel Meninjau Ratusan Hektare Sawah Alami Keracunan

Gubernur Babel Meninjau Ratusan Hektare Sawah Alami Keracunan

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – BANGKA SELATAN – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan meninjau ratusan hektare sawah di Desa Dungun Raya Kabupaten Bangka Selatan yang mengalami keracunan diduga akibat hujan dan pasang air laut, sehingga petani di daerah itu mengalami gagal panen.

BACA JUGA : Gubernur Babel Meninjau Langsung, 260 Hektare Sawah yang Terdampak Banjir – Nusadaily.com

“Keracunan sawah ini diduga karena curah hujan disertai pasang air laut yang tinggi masuk ke areal persawahan petani daerah ini,” kata Erzaldi Rosman Djohan di Desa Dungun Raya, Sabtu.

Ia mengatakan kunjungan ini sebagai tindaklanjut keluhan petani Desa Dungun Raya, Kecamatan Pulau Besar, Kabupaten Bangka Selatan yang mengalami gagal panen, karena sawah yang mengalami keracunan akibat perubahan cuaca ekstrem.

“Keracunan sawah ini segera kita tindaklanjuti dan mencari solusi serta penanganan sawah petani daerah ini,” ujarnya.

BACA JUGA : Jaga Ketahanan Pangan, Pemkab Malang Ubah 24 ha Lahan Kering Jadi Sawah – Noktahmerah.com

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Babel, Juadi mengatakan, pihaknya segera mendatangkan tim ahli bidang padi sawah. Untuk mengetahui permasalahan dan cara mengatasinya, agar dapat segera ditanggulangi dan diselamatkan sehingga tetap dapat dipanen.

“Tadi ada keluhan petani yang menyampaikan bahwa padi mereka gagal panen karena diduga keracunan. Pak gubernur langsung meninjau lokasi untuk mengetahui penyebabnya,” ujarnya.

- Advertisement -

BACA JUGA : Kekeringan, Ratusan Hektar Sawah Terancam Gagal Panen – Javasatu.com

Menurut dia, permasalahan keracunan pada sawah ini dapat terjadi disebabkan air laut masuk ke areal persawahan dan membuat tanaman padi keracunan.

“Jadi kami bersama gubernur dan tim, termasuk Penyuluh Petani Lapangan hadir untuk mengetahui keadaan di lapangan dan cara penanganannya,” katanya.(ros)

AnyFlip LightBox Embed Demo

popular minggu ini

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Genjot Pelatihan Inkubasi, Pemkot Mojokerto Targetkan Bentuk Ribuan Wirausahawan Baru

NUSADAILY.COM - MOJOKERTO - Pemerintah Kota Mojokerto menargetkan ribuan pengusaha baru bakal terlahir di tengah pandemi COVID-19. Hal itu ditegaskan Wali Kota Mojokerto, Ika...