Sabtu, Januari 22, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsNusantaraDPRD Yakin Pengembangan Agrowisata Perkuat Ekonomi di Masa Pandemi

DPRD Yakin Pengembangan Agrowisata Perkuat Ekonomi di Masa Pandemi

NUSADAILY.COM – GORONTALO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, meyakini pengembangan potensi agrowisata akan memperkuat ekonomi daerah tersebut di masa pandemi COVID-19.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Anggota Komisi II DPRD, Deasy Sandra Datau, di Gorontalo, Minggu, mengatakan diperlukan kebijakan produktif yang dengan mudah mendorong terealisasinya kawasan agrowisata di daerah itu.

BACA JUGA : PT PPI: KIM Investment Expo Terobosan Baik dalam Pemulihan Ekonomi

Melalui gerakan menanam berjuta bibit pohon buah di setiap desa, seperti yang telah digerakkan di Desa Cempaka Putih Kecamatan Tolinggula.

Yaitu, desa paling ujung di wilayah paling barat kabupaten tersebut. Secara geografis, desa tersebut memiliki potensi yang sangat menunjang terealisasinya kawasan agrowisata, dengan pengembangan buah durian Montong.

BACA JUGA : Menko Perekonomian Resmi Membuka Pameran Otomotif GIIAS 2021

Warga dan aparat desa tersebut mulai banyak yang menanam bibit pohon durian Montong. Bahkan baru-baru ini, Pemerintah Desa Cempaka Putih berhasil menanam lebih dari 300 bibit pohon durian Montong.

“DPRD sangat mendukungnya, dan berharap pemerintah daerah dapat memfasilitasi penyediaan bibit pohon lebih banyak lagi,” katanya.

BACA JUGA : Perbaikan Indeks Manufaktur untuk Jaga Pertumbuhan Ekonomi

Di wilayah barat tersebut, terdapat 4 desa penunjang lainnya, yaitu Desa Ilotunggula, Limbato, Papualangi dan Tolinggula Ulu.

Jika seluruh desa dan warganya menanam, minimal 10 bibit pohon per orang. “Saya yakin, Tolinggula sebagai kawasan agrowisata dapat cepat terwujud. Apalagi pengembangan potensi bisnis di sektor pertanian dan perkebunan sangat menjanjikan. Serta tidak terdampak signifikan di masa pandemi COVID-19,” katanya.

BACA JUGA : BI: Pertumbuhan Ekonomi Sumut pada 2022 Bisa Ikuti Target Nasional

Ia berharap, pemerintah daerah dapat lebih cepat mendukung cita-cita mewujudkan kawasan agrowisata tersebut. Apalagi dampak ekonominya sangat banyak.

Rizal Yusuf Kune, warga setempat, mengaku, telah berinisiatif menanam 200 bibit pohon durian Montong.

Pria yang menjabat Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara tersebut, bahkan mengajak warga di desa-desa tersebut untuk ikut menanam bibit pohon durian Montong yang nilai ekonomisnya sangat tinggi.

Pada musim panen di awal tahun 2021, ia mengaku berhasil memanen durian Montong dan dipasarkan di perkantoran.

Meski jumlahnya belum banyak, namun hasil panen tersebut membawa rezeki bagi keluarganya sebab peminatnya sangat banyak.

“Anak saya mengemasnya di wadah transparan, dan ikut menjualnya secara daring (online). Hasilnya sangat lumayan,” kata dia.

Olehnya, ia dan keluarga semakin terinspirasi dan mengajak warga untuk menanam lebih banyak bibit pohon durian Montong.

Manfaatnya tidak hanya menambah penghasilan keluarga, namun kelestarian alam di wilayah ini dapat terus terjaga.(lal)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily