Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaNewsNusantaraDispenduk Kulon Progo Berlakukan Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring

Dispenduk Kulon Progo Berlakukan Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring

NUSADAILY.COM – KULON PROGO – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, 3—20 Juli, memberikan pelayanan administrasi kependudukan secara daring untuk menekan penyebaran COVID-19 di wilayah itu.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA : Pemkab Parimo Luncurkan Sistem Layanan Informasi Kebencanaan Daring – Nusadaily.com

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kulon Progo Aspiyah di Kulon Progo, Senin, mengatakan bahwa masyarakat yang melakukan pelaporan kelahiran atau permohonan akta kelahiran, permohonan kartu keluarga, permohonan kartu identitas anak (KIA), dan permohonan sinkronisasi data bisa melalui lakonku.dukcapil.kulonprogokab.go.id.

Selanjutnya, pelaporan kelahiran atau permohonan akta kelahiran dan pelaporan kematian atau permohonan akta kematian bisa melalui Aksi Kalurahan Ramah Adminduk (AKURAD).

Sesuai dengan Instruksi Bupati Kulon Progo Nomor 17 Tahun 2021 tentang Penerapan PPKM Darurat di Wilayah Kulon Progo, kata dia, Disdukcapil sebagai instansi pelayanan publik berlaku bekerja dari kantor sebanyak 50 persen dan bekerja dari rumah 50 persen

BACA JUGA : BPJS Kesehatan Malang Buka Layanan Daring – Noktahmerah.co

“Untuk itu, kami memberikan pelayanan secara daring bagi masyarakat secara daring dalam pelayanan administrassi kependudukan,” kata Aspiyah.

Ia lantas menjelaskan mekanismenya warga bisa menghubungi jagabaya atau petugas kecamatan secara langsung atau melalui WhatsApp dengan membawa atau mengirimkan berkas persyaratan.

Selanjutnya, petugas memasukkan data melalui Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Desa dan Disdukcapil tinggal melakukan verifikasi.

BACA JUGA : Pelajar di Kota Mojokerto Dapat SIM Card dan Paket Data Gratis untuk Belajar Daring – Javasatu.com

“Pelayanan secara daring ini supaya tidak terjadi kerumunan,” katanya.

Pelayanan pengaduan data bisa ke nomor 0822 2614 5329. Pelayanan pendaftaran penduduk ke nomor 0813 1874 1505 dan pelayanan pencatatan sipil ke nomor 0813 1874 1648.

“Adapun bagi masyarakat yang akan melakukan perekaman KTP-el tetap dilayani di seluruh kecamatan sehingga mengurangi kerumunan di Kantor Disdukcapil,” katanya.(ros)

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Rekam Jejak Ferdy Sambo, Mulai Lulus Akpol Kini Jadi Tersangka!

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Irjen Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka kasus penembakan terhadap Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J. Eks Kadiv Propam Polri...