Kamis, September 29, 2022
BerandaNewsNusantaraDekranasda Kalteng Mendorong Peningkatan Jangkauan Pasar UMKM

Dekranasda Kalteng Mendorong Peningkatan Jangkauan Pasar UMKM

NUSADAILY.COM – PALANGKA RAYA – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Tengah terus berupaya mendorong peningkatan jangkauan pasar produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah setempat.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Kami telah mengunjungi sentra UMKM Gerakan Masyarakat Wirausaha atau Gema Wira yang berada di Jalan Muara Teweh Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur,” kata Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran di Palangka Raya, Selasa.

BACA JUGA : Kawal UMKM Naik Kelas, Sahabat Ali dan Laskar Sholawat Gelar Pelatihan – Nusadaily.com

Kunjungan ini untuk membantu pemasaran produk-produk dari sentra UMKM agar dapat dikenal secara lebih luas oleh masyarakat, serta diterima di dalam pasar nasional dan internasional, tambah dia.

Pihaknya ingin mendorong pemasaran dan membantu pergerakan UMKM masyarakat dalam upaya peningkatan perekonomian daerah.

“Kami mencoba membantu seperti pemasarannya dan pengemasannya. Setelah saya melakukan peninjauan, pengemasannya masih harus diperbaiki,” terangnya.

BACA JUGA : Musrenbangkel Sukorame Gresik, Lurah: Anggaran UMKM Segera Dicairkan – Javasatu.com

 Ivo memaparkan pihaknya bantu penjualan secara daring atau online yakni dengan pembuatan situs web. Juga akan ada edukasi dari dinas atau perangkat daerah terkait.

Ivo yang juga menjabat sebagai Ketua TP PKK Kalteng ini menjelaskan, dalam kondisi pemulihan ekonomi, pihaknya juga secara gencar telah melakukan sosialisasi, edukasi dan lainnya. Selain itu, pihaknya turut membantu menyampaikan sekaligus menjembatani akses permodalan.

“Dalam recovery (pemulihan) ekonomi, Gubernur telah memiliki banyak sekali program melalui Dinas Koperasi dan UMKM untuk membantu akses permodalan,” terangnya.

BACA JUGA : BGR Logistics Upayakan Bangkitnya UMKM Lewat Aplikasi Warung Pangan – Imperiumdaily.com

Selain itu, pihak perbankan, baik dari Bank Kalteng maupun bank BUMN membuka akses permodalan seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga yang minim. Hal ini juga yang pihaknya sosialisasikan kepada UMKM serta wirausaha lainya agar dapat bangkit.

Selain mengunjungi sentra wirausaha, pihaknya juga mengajak TP PKK kabupaten untuk aktif mengedukasi masyarakat, baik dalam upaya peningkatan perekonomian, protokol kesehatan penanganan pandemi COVID-19 dan lainya.(lal)

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Eks Bek MU Sarankan Harry Maguire Kunjungi Psikolog

NUSADAILY.COM - LONDON - Harry Maguire disarankan mengunjungi psikolog. Bek asal Inggris itu dinilai butuh bantuan untuk bisa bermain lebih baik. Maguire baru saja dikecam...