Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsMetropolitanBuka SPN Polda Papua Barat, Kepala BPIP: Bintara Remaja Harus jadi Pemimpin...

Buka SPN Polda Papua Barat, Kepala BPIP: Bintara Remaja Harus jadi Pemimpin berkarakter Pancasila

NUDADAILY.COM – PAPUA BARAT – Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP RI), Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi,M.A, Ph.D acara Sekolah Polisi Negara (SPN) bagi Bintara Polri Afirmasi Otsus T.A di Manokwari, Papua Barat, Senin (24/1/2022).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Bintara Remaja Polda Papua Barat harus menjadi generasi pemimpin yang memiliki karakter Pancasila,” ujarnya.

Baca Juga: Sesjen MPR RI: Pembangunan Indonesia Wujudkan Masyarakat Berkarakter Berdasarkan Pancasila

Selain itu, ia juga menekankan, agar tetap bersyukur diberikan kesempatan hidup di Indonesia terutama di Papua yang disebut sebagai “Surga Indonesia” ini.

Hal itu menurutnya, sangat penting sebagai peran bintara polri yang merupakan pengayom masyarakat dan calon-calon pemimpin masa depan.

Diharapkan bekal ilmu yang didapat menjadi sumber motivasi dalam mendharmabaktikan diri kepada keluarga, kampung halaman dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Baca Juga: AKBP Dermawan Karosekali Masih Terbaring di RS Usai Dikeroyok Oknum Anggota Pemuda Pancasila

“Pancasila merupakan pedoman yang sudah teruji. Kita harus berbangga, karena kelebihan Pancasila sebagai penawar atas beragam kritik sosial masa lalu. Pancasila juga mendapat pengakuan dari dunia internasional sebagai ideologi inklusif sekaligus progresif,” ucapnya memberikan sambutan pembukaan Kebangsaan di acara SPN bagi Bintara Polri Afirmasi Otsus T.A dan seluruh jajaran polisi di Manokwari, Papua Barat.

Dikatakan pula, bahwa Covid 19 belum berakhir dan sudah berdampak signifikan terhadap interaksi sosial,kehidupan ekonomi dan kesehatan Publik.

Baca Juga: Kepala BPIP: Pancasila Adalah Sejarah Dan Masa Depan Bangsa

Namun, Dirinya yakin Natura Indonesia sebagai insan Pancasila yang mengedepankan semangat kerjasama, gotong-royong dan bahu-membahu membuat langkah bersama demi mengatasi pandemi.

Dalam kesempatan itu juga, Yudian menegaskan, jika intoleransi, radikalisme, ekstrimisme dan terorisme merupakan tantangan tersendiri bagi Bangsa kita dan harus dilawan.

“Budaya korupsi, penyalahgunaan narkoba dan meluasnya keresahan sosial akibat berita hoaks juga harus ditanggulangi. Untuk itu nilai-nilai Pancasila mengajarkan kita untuk memiliki tanggung jawab sosial demi menciptakan masyarakat yang adil di era digital,” Terang Yudian.

Baca Juga: Bentrokan Berdarah FBR Vs Pemuda Pancasila Pecah Lagi di Tangerang, Ini Kronologinya

“Dengan nilai luhur yang digali dari tradisi sendiri. Pancasila harus diwariskan ke generasi muda khususnya bintara Polri. Pewarisan ini bisa berupa pendidikan maupun aksi-aksi sosial,” sambungnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Tornagogo Sihombing dalam sambutannya mengatakan, jika kegiatan ini diadakan adalah untuk mewujudkan pembinaan Bintara Polda Papua Barat 2021.

Baca Juga: Rhoma Irama Ungkap Masa Lalu, Pernah Manggung Dihujani Batu

Selain itu juga, kata Kapolda untuk menanamkan Nasionalisme dan wawasan kebangsaan bagi Bintara muda.

Ia juga berharap, bintara remaja kedepannya mampu menjadi pionir dalam menanamkan nilai luhur dalam mewujudkan perannya sebagai aparat dalam melindungi masyarakat.

“Pelaksanaan pembinaan di Polda ini berbeda dari yang lain. Karena adanya integrasi terhadap nilai kearifan lokal dan tradisi yang berkembang di dalam kebudayaan papua barat. Kearifan yang terkenal di Papua Barat ini terkait dengan toleransi dan sudah menjadi ikon dalam tanah papua ini,” tegas Kapolda.

Kapolda juga menambahkan, jika kegiatan ini melibatkan perpaduan antara pemerintah, agama dan adat adalah tujuan dari terwujudnya kampus kebangsaan.

“Mewujudkan Polda Papua Barat yang memiliki wawasan kebangsaan dan mewujudkan Pancasila yang sesuai dengan adat. Serta menciptakan role model yang tangguh dalam semangat Pancasila. Selain itu juga mewujudkan generasi muda menjadi generasi pemimpin yang arif dalam melindungi masyarakat adalah tujuan utama dari pendidikan ini,” Pungkasnya. (sir/ark)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Asyik Main Air Banjir, Bocah di Gresik Digigit Ular

NUSADAILY.COM – GRESIK  -  Ini peringatan bagi para orang tua agar menjaga anaknya saat bermain air. Karena ada kejadian saat sedang asyik bermain air...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily