Senin, Januari 24, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsNusantaraBudidaya Rumput Laut di Karawang Semakin Berkembang

Budidaya Rumput Laut di Karawang Semakin Berkembang

NUSADAILY.COM – KARAWANG – Dinas Perikanan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyebutkan budidaya rumput laut kini semakin berkembang di daerah itu karena mudah dalam mengolahnya sebagai makanan sehat.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA : Pemkab Sukamara Mengembangkan Budidaya Udang Vaname

Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Perikanan setempat Supriadi di Karawang Sabtu mengatakan, produk olahan rumput laut seperti agar-agar strip dan mi kristal rumput laut kini digemari masyarakat.

Hal tersebut menjadi potensi semakin berkembangnya budidaya rumput laut di daerahnya. “Saya berasumsi budidaya rumput laut ini akan tren ke depannya,” kata Supriadi.

BACA JUGA : Upaya Pemulihan Ekonomi di Surabaya Melalui Budidaya Tanaman

Ketua Koperasi Mina Agar Makmur Usup Supriatna menyampaikan pihaknya sudah lama melakukan budidaya rumput laut dan kini kebanjiran pesanan (order(.

“Sempat ada permintaan olahan rumput laut satu ton per bulan, kami tolak. Karena kami tak sanggup memasok sebanyak itu,” katanya.

BACA JUGA : Satgas TNI Ajarkan Warga Papua di Perbatasan Budidaya Ikan Lele

Saat ini koperasi tersebut menjual rumput laut kering kepada salah satu perusahaan pengolahan rumput laut di Jakarta, setiap bulan dikirim sekitar 100 ton.

“Kalau dirata-ratakan setiap tahun kami menjual 1.000-1.200 ton,” katanya.

Untuk harga jual rumput laut dari Koperasi Mina Agar Makmur Rp5.000 per kilogram. Dengan asumsi produksi 1.200 ton per tahun, koperasi mendapat keuntungan sekitar Rp6 miliar.(lal)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed