Selasa, Januari 25, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsNusantaraBPOLBF Minta Warga Wae Rebo Pertahankan Keaslian Desa

BPOLBF Minta Warga Wae Rebo Pertahankan Keaslian Desa

NUSADAILY.COM – KUPANG – Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo (BPOLBF) mengajak masyarakat di Desa Wisata Wae Rebo agar tetap mempertahankan keaslian dan kelestarian lingkungan setelah meraih juara I Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021 kategori Daya Tarik Wisata pada Selasa (7/12) lalu.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Selamat untuk masyarakat Wae Rebo. Mari pertahankan keaslian dan kelestarian lingkungannya,” kata Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina dari Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Kamis.

BACA JUGA : Petani Cabai Desa Supiturang Lumajang Panen Dini Akibat Letusan Semeru

Menurut dia, hal tersebut harus dilakukan karena keaslian dan kelestarian lingkungan itulah yang menjadi kekuatan dari Desa Wisata Wae Rebo itu sendiri.

Shana mengatakan BPOLBF siap mendukung dan memberikan pendampingan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai.

BACA JUGA : Bupati Sleman: Dana Desa 2022 Difokuskan Untuk Penanganan COVID-19

“Pendampingan seperti untuk meningkatkan kualitas produk pariwisata ke depan, menjadikan Waerebo destinasi desa wisata kelas dunia dengan pengalaman pariwisata berkualitas,” tambah dia.

Desa Wisata Wae Rebo sendiri adalah satu dari 30 desa wisata yang sudah diluncurkan oleh BPOLBF pada kegiatan Bali and Beyond Travel Fair (BBTF) ke – 7 di Nusa Dua, Badung, Bali, 8 – 12 Juni 2021.

BACA JUGA : Desa Hadakewa Lembata Dapat Bantuan Toilet dan Rumah Pohon

Di Manggarai sendiri ada tiga desa wisata yang dikembangkan oleh BPOLBF,  antara lain Desa Wisata Liang Bua, Desa Wisata Todo, dan Desa Wisata Wae Rebo yang memenangi ADWI 2021.

Sementara itu Bupati Manggarai Herybertus Nabit mengatakan pihaknya akan mengembangkan kawasan wisata Wae Rebo. Hingga memberi manfaat bagi masyarakat ke tujuh desa lainnya.

BACA JUGA : Ketua OPEC Desak Kehati-Hatian Produksi, Tanda-Tanda Surplus Meningkat

“Konsep pengembangan Wae Rebo tidak lagi hanya membangun Kampung Wae Rebo itu sendiri. Karena pariwisata Wae Rebo harus memberi manfaat juga bagi masyarakat di desa sekitarnya,” ujar dia.

Ia mengatakan bahwa ada tujuh desa yang terlibat dalam pengembangan kawasan wisata Wae Rebo. Yakni Borik, Satar Ruwuk, Satar Lenda, Wongka, Satar Luju, Ceka Luju, dan Nuca Molas.

Hery berharap penghargaan yang telah diraih dan upaya pemerintah daerah dalam mengembangkan kawasan Wae Rebo dapat membangkitkan semangat wisatawan untuk mengunjungi Wae Rebo khususnya dan Manggarai secara umum.(lal)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed