Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaNewsNusantaraBatam Berencana Operasikan IGD di Asrama Haji Setelah Idul Adha

Batam Berencana Operasikan IGD di Asrama Haji Setelah Idul Adha

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – BATAM – Pemerintah Kota Batam di Provinsi Kepulauan Riau berencana mengoperasikan instalasi gawat darurat (IGD) di Asrama Haji setelah Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Paska Idul Adha mungkin IGD Asrama Haji digunakan,” kata Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad dalam pertemuan virtual dengan wartawan di Batam, Senin.

BACA JUGA: Satgas: Pengguna Transportasi Udara ke Batam Wajib PCR – Nusadaily.com

Pemerintah Kota Batam memfungsikan satu aula di Asrama Haji Batam sebagai IGD untuk mendukung penyediaan pelayanan medis darurat pada masa pandemi COVID-19.

Pasien yang menurut indikasi terserang COVID-19 bisa menggunakan pelayanan IGD Asrama Haji. Kalau hasil pemeriksaan menunjukkan pasien positif terinfeksi virus corona, maka mereka akan dipindahkan ke rumah sakit rujukan penanganan COVID-19.

BACA JUGA: Supermarket di Batam Dipadati Warga Menjelang Pemberlakuan PPKM Darurat – Beritaloka.com

Wakil Wali Kota mengatakan bahwa pemerintah menyiapkan 35 tempat tidur pasien di IGD Asrama Haji serta akan menyiagakan minimum tiga orang dokter dan 10 tenaga medis di sana.

Dokter dan tenaga medis yang ditugaskan di IGD Asrama haji berasal dari puskesmas-puskesmas. “Kendati pun begitu nanti juga dari bisa mobile RSUD dan asrama haji,” kata Wakil Wali Kota.

BACA JUGA: Polres Jember Bakal Panggil Kades Tegalwangi Selaku Tuan Rumah Pesta Joget – Dangdutpro.com

Ia mengatakan bahwa alat kesehatan yang disiapkan di fasilitas tersebut utamanya yang sangat dibutuhkan untuk penanganan awal seperti alat pemeriksaan saturasi oksigen dan tekanan darah.

“Untuk alat kesehatan lain, seiring jalannya ini, disiapkan pada refocusing anggaran. Prinsipnya kebutuhan minimal melayani masyarakat sudah tersedia,” kata dia.

BACA JUGA: Pemkot Batam Perbolehkan Rumah Ibadah Dibuka dengan Kapasitas 25 Persen – Imperiumdaily.com

Ia menjelaskan bahwa penyediaan layanan IGD tidak akan mempengaruhi pelayanan isolasi mandiri terpusat di Asrama Haji.

“Isolasi jalan, IGD tetap jalan, alhamdulillah tidak terpengaruh. Petugas jaga bisa mobile, bergeser satu dan lainnya,” kata dia.(eky)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Istri Selingkuh, Suami Bawa Alat Berat Hancurkan Rumah😱##tiktokberita

♬ kau curangi cintaku - Milan indramayu