Jumat, September 24, 2021
BerandaNewsNusantaraBabak Baru Kisruh Penyerobotan Tanah TTS, Begini Penjelasan Dinas Pertanahan

Babak Baru Kisruh Penyerobotan Tanah TTS, Begini Penjelasan Dinas Pertanahan

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – TTS – Kisruh penyerobotan tanah yang dikeluhkan Warga Dusun 2, Neonmat, Desa Konbaki, Kecamatan Pollen, TTS, Nusa Tenggara Timur kini memasuki babak baru. Dinas Pertanahan setempat akhirnya buka suara soal hal tersebut.

Kepala Kantor Pertanahan TTS, Elis Libing, Rabu (28/7/2021) membenarkan adanya pengukuran tanah yang dilakukan dinasnya.

Dirinya mengungkapkan jika pengukuran tersebut merupakan kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), sehingga dilakukan pengukuran secara keseluruhan. Hal tersebut dilakukan untuk menertibkan sertifikat hak milik.

“Pengukuran dilakukan namun kita hanya proses tanah milik masyarakat untuk diterbitkan sertifikat hak milik,” tegasnya.

BACA JUGA: Soal Penyerobotan Tanah Warga TTS, Dinas Kehutanan dan Pertanahan Dinilai Saling Lempar Tanggung Jawab

Selain itu, dia mengatakan jika tanah yang masuk dalam kawasan hitan tidak akan diproses.

“Tanah yang punya masyarakat kita proses, itupun kalau sudah tidak ada masalah, sedang dalam kawasan hutan tidak akan kita proses,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, masyarakat yang sudah lama bermukim boleh mengolah tanah tersebut namun jika lahan tersebut masuk di kawasan hutan maka tidak bisa diterbitkan sertifikat hak milik.

BACA JUGA: Aktivitas Bongkar Muat Kontainer di Pelabuhan Baubau Meningkat

Sementara itu, Kepala UPT Kehutanan TTS, Frans A.B.Fobia,S.Hut saat diwawancarai mengaku pihak tidak tau dan akan melakukan koordinasikan dengan kantor pertanahan.

“Saya belum tau soal pengukuran tanah di desa Konbaki namun biasanya kalau ada sertifikasi tanah masyarakatya kita dilibatkan,apalagi wilayah tersebut ada kawasan hutan,” ujarnya. (bai/kal)

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Berantas Rokok Ilegal, Pemkab Sidoarjo Gandeng Bea Cukai Sosialisasikan Manfaat DBHCT

NUSADAILY.COM – SIDOARJO – Dana Bagi Hasil Cukai dan Tembakau (DBHCT) sebagai salah satu pendapatan negara yang manfaatnya langsung dirasakan masyarakat, misalnya dalam bidang...