Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsNusantaraAnggota Komisi IV DPR RI Minta Pemerintah Punya Terobosan Soal Pupuk Subsidi

Anggota Komisi IV DPR RI Minta Pemerintah Punya Terobosan Soal Pupuk Subsidi

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan ST. meminta pemerintah untuk melakukan terobosan baru agar pupuk bersubsidi mudah didapat dan harga terjangkau tanpa ribet dengan berbagai aturan.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Disamping itu, Johan juga mengatakan kebijakan pupuk bersubsidi harus berpihak kepada petani kecil. Jangan sampai harga pupuk mahal dan memberatkan petani sehingga mereka tidak bersemangat untuk bertani.

BACA JUGA: APBD Kabupaten Malang Tak Alokasikan Subsidi Pupuk, Langsung APBN

Hal tersebut disampaikan Johan saat dirinya Mengikuti kegiatan Kunjungan kerja Anggota Komisi IV  DPR RI dalam masa Reses ke salah satu badan usaha milik negara penghasil Pupuk di Indonesia yaitu PT PUSRI Sumatera Selatan, Selasa 15 Demsember 2020 yang lalu.

“Pupuk bersubsidi di berbagai daerah sangat langka, kalaupun ada harganya sangat mahal. Maka dari itu pemerintah harus selalu mengontrol rantai distribusi pupuk, agar selalu tersedia sebelum musim tanam tiba,” kata Johan.

Prinsip 6T

Politisi dari Fraksi PKS Dapil 1 NTB ini sangat prihatin dengan banyaknya keluhan petani terkait dengan pupuk bersubsidi. Maka dari itu Johan selalu menegaskan kepada pemerintah untuk bisa menjamin terlaksananya prinsip 6T yaitu, tepat jenis, tepat jumlah, tepat harga, tepat tempat, tepat waktu dan tepat Mutu.

BACA JUGA: Pupuk Bersubsidi Langka di Beberapa Daerah, Ini Sebabnya – Imperiumdaily.com

“Pada masa pandemi ini saya meminta pemerintah untuk memberikan perhatian khusus kepada petani dengan cara mengakolasikan anggaran subsidi yang signigfikan sebagai intensif untuk meningkatkan produktivitas pertanian kita,” pinta Johan.

Masih kata Johan, dirinya juga berharap adanya transparansi dan aksesibilitas data e-RDKK kepada semua stockholder pertanian agar verifikasi dan validasi lebih teruji dan memperkuat pengawasan dan penegakan hukum di setiap mata rantai distribusi pupuk bersubsidi.

“Pemenritah harus segera mengatasi pokok persoalan pupuk bersubsidi yang seringkali berulang,” tutup Johan. (sir/lna)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Cacar Monyet Mewabah, ECDC: Lebih dari 200 Ribu Kasus Terdeteksi

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Lebih dari belasan negara di mana cacar monyet mewabah, yang sebagian besar terjadi di Eropa, telah melaporkan setidaknya satu kasus...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily