Senin, Desember 6, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsNusantaraAnak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Naik KA Lagi

Anak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Naik KA Lagi

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – SEMARANG – Anak berusia di bawah 12 tahun kembali diizinkan untuk melakukan perjalanan dengan moda transportasi kereta api di tengah pandemi COVID-19 mulai 22 Oktober 2021.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kepala Daop 4 Semarang Wisnu Pramudyo di Semarang, Jumat, mengatakan, kebijakan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan dengan kereta api di masa pandemi tertanggal 20 Oktober 2021.

BACA JUGA : KAI Sumut Sudah Operasikan Seluruh Kereta Api dan Semua Rute

Meski tidak memutuhkan syarat hatus sudah divaksin, kata dia, anak di bawah 12 tahun tetap harus menyertakan surat keterangan bebas COVID-19. Sebelum bisa melakukan perjalanan dengan kereta api jarak jauh.

“Anak di bawah 12 tahun yang melakukan perjalanan dengan kereta api harus didampingi oleh orang tuanya,” katanya.

BACA JUGA : PPKM Darurat, Sejumlah Perjalanan Kereta Api Wilayah Daop 8 Surabaya Batal Berangkat

Ia menyebut syarat menunjukkan kartu keluarga juga diharuskan bagi anak yang akan melakukan perjalanan.

Selain diizinkannya anak di bawah 12 tahun melakukan perjalanan dengan kereta api, kata dia, aturan baru yang diberlakukan sebelum menggunakan transportasi massal ini. Yakni kewajiban memasukkan nomor induk kependudukan saat membeli tiket.

BACA JUGA : Petugas Pemakaman Covid-19 Ngawi Pikul Jenazah Sebrangi Perlintasan Kereta Api Tanpa Palang Pintu

Menurut dia, aturan tersebut bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam penggunaan nomor identitas tersebut dalam berbagai sektor layanan publik.

Selain itu, kata dia, kewajiban penggunaan NIK juga bertujuan untuk memvalidasi status vaksinasi calon penumpang yang sudah diintegrasikan dengan aplikasi Pedulilindungi.

KAI, lanjut dia, juga memastikan penumpang yang melakukan perjalanan dengan kereta api tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat.(lal)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR