Senin, September 27, 2021
BerandaNewsNusantara23 Desa di Kabupaten Rejang Lebong Cairkan Dana Desa Tahap II

23 Desa di Kabupaten Rejang Lebong Cairkan Dana Desa Tahap II

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – REJANG LEBONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan sebanyak 23 dari 122 desa saat ini telah mencairkan dana desa (DD) tahap II sebesar 40 persen.

Kepala Dinas PMD Rejang Lebong, Suradi Rifai di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan dari 23 desa tersebut sudah menerima DD yang telah masuk ke rekening kas desa (RKD) masing-masing sehingga bisa langsung digunakan untuk penyaluran BLT maupun kegiatan lainnya.

BACA JUGA: Figur Publik Berinisial DC Diperiksa Polisi Terkait Tindakan Asusila

“Jumlah desa yang sudah mengajukan permintaan pencairan dana desa sebanyak 42 desa, di mana 23 desa saat ini dananya sudah ditransfer ke RKD masing-masing dan 19 desa lainnya masih dalam proses pencairan,” kata dia.

Untuk 19 desa lainnya yang masih dalam proses pencairan ini diperkirakan beberapa hari kedepan sudah selesai sehingga dananya bisa ditransfer ke rekening kas desa masing-masing.

BACA JUGA: Rebranding Liberta Hub Singosari Malang, Strategi Sehatkan Hotel di Tengah Pandemi

Dana desa yang sudah masuk RKD masing-masing desa ini, kata dia, oleh kepala desa sudah bisa digunakan untuk kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT), kegiatan pembangunan maupun penanganan COVID-19.

BACA JUGA: Menparekraf Tinjau Sentra Vaksinasi COVID-19 di Petak Enam

Sedangkan untuk 80 desa lainnya yang belum mengajukan pencarian dana desa ini dihimbaunya agar segera mengajukannya. Sehingga bisa cepat dicairkan untuk keperluan penanganan COVID-19 terutama penyaluran BLT dan kegiatan pembangunan lainnya.

Dari 122 desa di Rejang Lebong yang menerima DD tersebut ada satu desa yang tercatat sebagai desa mandiri yakni Desa Teladan Kecamatan Curup Selatan. Sehingga pencairan dana desa tahap I langsung sebesar 60 persen, dan tahap II sebesar 40 persen. Sedangkan desa lainnya 40 persen, 40 persen dan tahap III 20 persen.

BACA JUGA: DPW PKB Jatim Bantu Keluarga KD Usai Dilabrak Ortu Ayu Ting…

Dana desa yang diterima 122 desa di Rejang Lebong tahun 2021 mencapai Rp114 miliar. Di mana penerima tertinggi ialah Desa Lubuk Mumpo di Kecamatan Kota Padang sebesar Rp1,56 miliar. Dan penerima DD terendah ialah Desa Kayu Manis Kecamatan Sindang Kelingi dengan besaran Rp663,81 juta.

Selain menerima DD yang bersumber dari APBN kedua. Desa ini juga menerima Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD Kabupaten Rejang Lebong 2021. ntuk Desa Lubuk Mumpo sebesar Rp759,16 juta dan Desa Kayu Manis sebesar Rp364,79 juta.(eky)

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

The Legion Nutrition dan Amarta Hills Berkolaborasi Gelar Body Competition

NUSADAILY.COM - KOTA BATU - Produsen suplemen olahraga, The Legion Nutrition tak berhenti memberikan dukungannya di bidang olahraga. Kali ini mereka ambil bagian sebagai...