Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsNews Corp Australia Tutup 60 Media Cetak Gara-Gara Corona

News Corp Australia Tutup 60 Media Cetak Gara-Gara Corona

NUSADAILY.COM – AUSTRALIA – Dampak virus corona tidak hanya mengganggu kesehatan manusia di berbagai belahan dunia. Bahkan media ternama Australia, News Corp juga terganggu. Kabarnya, hari ini 2 April 2020 media milik Keith Rupert Murdoch berhenti terbit. Setidaknya ada 60 surat kabar regional yang mereka kelola akan pindah menjadi media online.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Keputusan drastis ini dilakukan karena makin kecilnya pendapatan iklan di Koran-koran daerah yang ada di sana. Lebih-lebih setelah muncul wabah corona (Covid-19), ‘kesehatan’ koran-koran tersebut makin memburuk.

Dikutip dari AFP, surat kabar regional yang berhenti cetak itu yang berada di negara bagian New South Wales, Victoria, Queensland dan Australia Selatan. Oleh Pemilik News Corp, Keith Rupert Murdoch platform Koran tersebut akan dialihkan menjadi media online. 

“Kami tidak mengambil keputusan ini dengan mudah,” ujar Michael Miller, Executive Chairman News Corp dikutip dari AFP, Rabu, 1 April 2020.

“Krisis coronavirus telah menciptakan tekanan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya dan kami melakukan semua yang kami bisa untuk mempertahankan pekerja sebanyak mungkin,” terang Miller.

Penghentian edisi cetak komunitas itu menurut dia telah dipaksakan oleh penurunan cepat dalam pendapatan iklan setelah pembatasan yang diterapkan pada lelang real estate dan inspeksi rumah, penutupan terpaksa tempat-tempat acara dan restoran setelah darurat coronavirus.

Meski demikian, sebelum ada corona juga telah banyak kelompok media Australia yang bergeser ke online. Sementara itu, sebelum News Corp, kantor berita AAP (Australian Associated Press) juga mengumumkan akan tutup pada Juni 2020. AAP terpaksa mengambil keputusan pahit karena pemegang saham mereka menganggap bisnis ini tidak akan menguntungkan. (aka)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Pakar Politik Nilai PDIP Jadi Kunci Prabowo Menang Pilpres 2024

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Dukungan kepada Prabowo Subianto untuk maju menjadi calon presiden digaungkan sejumlah kalangan salah satunya baru-baru ini dari Persatuan Purnawirawan Indonesia...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily