Jumat, September 24, 2021
BerandaNewsMetropolitanWapres Minta IDI Perbaiki Distribusi Dokter Umum dan Spesialis

Wapres Minta IDI Perbaiki Distribusi Dokter Umum dan Spesialis

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, meminta Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyusun perbaikan sistem distribusi dokter umum dan dokter spesialis supaya ketersediaannya merata di seluruh daerah.

BACA JUGA : Khofifah Ajak Dokter NU Sinergi Wujudkan Percepatan Yankes Atasi Covid-19 – Nusadaily.com

“Saya mengharapkan agar IDI dapat memikirkan bagaimana dapat memperbaiki distribusi dokter umum di tingkat fasilitas kesehatan tingkat pertama, Puskesmas,” kata dia, saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II IDI secara daring dari Jakarta, Jumat. 

Puskesmas merupakan garda terdepan perawatan dan penanganan kesehatan masyarakat, suatu tinggalan yang digagas pada masa pemerintahan Presiden Soekarno dan diwujudnyatakan secara luas pada masa pemerintahan Orde Baru, yang masih berjalan baik sampai sekarang.

Belajar dari pengalaman penanganan pandemi Covid-19, kata dia, tantangan di sektor kesehatan yang dialami Indonesia saat ini ialah memperbaiki kualitas Puskesmas di daerah-daerah.

BACA JUGA : IDI Minta Pemerintah, KBM di Sekolah Dibuka Secara Bertahap – Imperiumdaily.com

“Tantangan ke depan adalah membangun layanan di fasilitas kesehatan tingkat pertama yang tangguh. Sebagai garda terdepan yang bertanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat di wilayahnya,” tegasnya.

Sementara terkait ketersediaan dokter spesialis di daerah, dia menyayangkan banyaknya dokter spesialis yang enggan ditempatkan ke daerah setelah menyelesaikan pendidikannya.

“Saya mengetahui bahwa biaya untuk menjadi dokter spesialis tidaklah murah. Sehingga setelah lulus dokter spesialis akan memilih untuk bekerja di kota besar,” katanya.

Apabila fenomenda itu terus dibiarkan, maka Indonesia akan semakin tertinggal dengan negara lain karena capaian indikator kesehatan akan sulit terkejar.

BACA JUGA : Menteri Kesehatan Terawan Singgung Defisit BPJS Kesehatan juga Karena Dokter – Noktahmerah.com

Oleh karena itu, dia meminta IDI dapat membantu pemerintah mencari solusi, supaya ketersediaan dokter spesialis di daerah-daerah dapat mencukupi.

“Saya mengharapkan agar IDI dapat ikut membantu dalam memperbaiki distribusi dokter spesialis di rumah sakit. Terutama untuk rumah sakit di luar Pulau Jawa,” ujarnya.(ros)

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Berantas Rokok Ilegal, Pemkab Sidoarjo Gandeng Bea Cukai Sosialisasikan Manfaat DBHCT

NUSADAILY.COM – SIDOARJO – Dana Bagi Hasil Cukai dan Tembakau (DBHCT) sebagai salah satu pendapatan negara yang manfaatnya langsung dirasakan masyarakat, misalnya dalam bidang...