Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsMetropolitanWamenkes: Hari ini Indonesia Akan Terima Dua Vaksin Sekaligus, Janssen dan Sinovac

Wamenkes: Hari ini Indonesia Akan Terima Dua Vaksin Sekaligus, Janssen dan Sinovac

NUSADAILY.COM – JAKARTA- Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyampaikan bahwa Indonesia menerima dua vaksin sekaligus. Janssen dan Sinovac yang sudah dalam bentuk jadi pada hari ini, Sabtu.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Pagi ini kita menyambut kedatangan dua vaksin sekaligus yaitu vaksin Janssen dan Sinovac,” ujar Dante dalam konferensi pers kedatangan vaksin tahap 56 dan tahap 57, yang dipantau via daring di Jakarta, Sabtu.

Baca Juga: Wamenkes Fokus ke Percepatan Penyerapan Anggaran Kemenkes

Ia mengemukakan, vaksin Janssen itu merupakan bantuan dari Pemerintah Belanda melalui skema bilateral.

“Bulan ini untuk pertama kalinya kita menerima vaksin Janssen dalam bentuk vaksin jadi berjumlah 500.000 dosis. Atas nama pemerintah Indonesia kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Belanda,” kata Dante.

Ia menambahkan, bahwa hari ini (11/9) Indonesia juga kembali menerima vaksin Sinovac dalam bentuk jadi, sebanyak 2.075.000 dosis. Melalui kerja sama dengan COVAX Facility.

“Jika dihitung dari kedatangan pertama pada Desember 2020 lalu, hingga tahap 56 dan 57 hari ini. Terhitung bahwa Indonesia sudah memiliki total lebih dari 232 juta dosis vaksin. Baik dalam bentuk bahan baku maupun vaksin dosis jadi,” papar Dante.

Ia menyampaikan vaksin Janssen telah memperoleh izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI pada 7 September 2021.

“Vaksin Janssen itu akan dipakai untuk masyarakat umum yang berusia 18 tahun ke atas. Dengan dosis tunggal sebanyak 0,5 ml intramuscular,” katanya.

Dante menyampaikan, pada tahap awal, vaksin itu akan didistribusikan ke daerah aglomerasi.

“Dengan kedatangan dua vaksin ini pemerintah optimistis dapat mempercepat laju vaksinasi,” ucapnya.

Baca Juga: Bisakah Indonesia Menyusul Pencapaian AS dengan Lepas Masker?

Ia mengharapkan, pada September ini Indonesia dapat memvaksinasi masyarakat hingga mencapai 2 juta dosis vaksin per hari.

Hingga 10 September kemarin, ia mengemukakan, pemerintah telah menyuntikkan lebih dari 112 juta dosis vaksin COVID-19, yaitu 17,1 juta dosis pertama dan 40,8 juta dosis kedua. (nd3)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Hasil Investigasi Palestina: Shireen Abu Aqla Sengaja Ditembak Mati Israel

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Hasil investigasi Palestina menyimpulkan bahwa jurnalis Al Jazeera, Shireen Abu Aqla, sengaja ditembak mati oleh tentara Israel. BACA JUGA : Rusuh,...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily