Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaNewsMetropolitanWaduh! Anies dan Ganjar Diprediksi Bisa Tumbang dari Bursa Capres

Waduh! Anies dan Ganjar Diprediksi Bisa Tumbang dari Bursa Capres

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Direktur CPA-LSI Denny JA, Ade Mulyana, memprediksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dinilai berpotensi tumbang dari bursa calon presiden (capres) 2024.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Ade mengatakan, kedua tokoh tersebut kemungkinan hanya menjadi calon wakil presiden atau bahkan tidak maju sama sekali.

“Sangat mungkin jika nanti akhirnya Pak Ganjar atau Pak Anies akan tumbang menjadi cawapres atau tidak maju sama sekali,” kata Ade, Kamis (7/7).

BACA JUGA: Imbas Banyak Sapi PMK, Idul Adha Tahun Ini Kambing di Magetan Laris Manis

Ade berpendapat meski Anies dan Ganjar memiliki elektabilitas tinggi di berbagai survei, tetapi tetap ada kesulitan bagi keduanya untuk maju di Pilpres 2024.

Alasannya yaitu ketentuan ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold sebesar 20 persen.

Hingga saat ini, belum ada parpol yang terlihat akan meminang Anies sebagai capres. Sementara hubungan Ganjar dengan PDIP juga belakangan tampak memanas.

BACA JUGA: Penyiram Kopi Panas ke Kasat Reskrim Jombang saat Kepung Mas Bechi, Anak Kiai Jombang Ditangkap

“Karena semoncer apapun tingkat elektabilitas, dengan adanya ‘barrier to entry’, yaitu syarat diusung minimal 20 persen dari partai atau koalisi partai, maka akan sulit bagi calon tersebut untuk ikut berkontestasi pada pilpres mendatang,” ujar Ade.

Ade pun menyoroti dua tokoh yaitu Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Menurut dia, keduanya lebih mungkin untuk terus maju sebagai calon presiden meski elektabilitasnya terbilang kecil dalam survei.

“Masih ada waktu kurang lebih satu tahun untuk keduanya meningkatkan elektabilitas. Tapi bila sampai mendekati waktu pilpres elektabilitasnya tidak kunjung meroket, sangat memungkinkan untuk kedua tokoh ini pada akhirnya hanya menjadi cawapres,” tuturnya.

Di sisi lain, Ade juga menyoroti posisi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Berbeda dengan tokoh-tokoh lain, Prabowo menurutnya tak akan bergeser menjadi cawapres.

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Gerindra-PKB Resmi Bekoalisi: Partai Lain Mau Gabung Monggo

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Gerindra dan PKB resmi berkoalisi di Pilpres 2024. Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau...