Senin, Januari 24, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsMetropolitanSPAM Hutan Kota di Jakarta Layani 12 Ribu Lebih Pelanggan Baru

SPAM Hutan Kota di Jakarta Layani 12 Ribu Lebih Pelanggan Baru

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Hutan Kota di Jakarta, hingga saat ini telah melayani sebanyak 12.573 dari target 30 ribu pelanggan baru di sisi utara Jakarta yakni di wilayah Kamal Muara, Kamal, Pegadungan dan Tegal Alur. 

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“PAM Jaya membangun jaringan pipa transmisi dan distribusi sepanjang 116 kilometer (km) untuk mengaliri air dari IPA (instalasi pengolahan air) Hutan Kota yang berkapasitas 500 liter per detik (lps) kepada sekitar 30.000 pelanggan,” kata Direktur Utama PAM Jaya Priyatno Bambang Hernowo, di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu.

BACA JUGA: Tahun Depan Pemkot Jakarta Timur Lakukan Pembetonan di Tanggul Kali Baru

Ia mengatakan pembangunan SPAM Hutan Kota itu mulai diinisiasi PAM Jaya sejak 2016 yang penyelesaian targetnya terus berproses hingga saat ini.

Bambang mengatakan cakupan layanan PAM Jaya saat ini adalah 65,82 persen dengan total pelanggan sebanyak 906.648. Dan total air yang terdistribusi sebanyak 20.732 liter per detik. Sementara untuk target cakupan layanan PAM JAYA pada 2023 adalah 82 persen.

BACA JUGA: Reuni 212 Dibubarkan di Jakarta, Ditolak di Surabaya, Berhasil di Pamekasan

“Saat ini Jakarta masih tergantung pasokan air baku dari wilayah di luar Kota Jakarta, terdiri 81 persen air baku berasal dari Waduk Jatiluhur. 14 persen dari pembelian air curah (olahan) PDAM Kabupaten Tangerang dan lima persen berasal dari sungai-sungai di Jakarta,” katanya.

BACA JUGA: Cegah Pergerakan Massa Ke Jakarta Polres Sukabumi Perketat Perbatasan

Karenanya, ke depan PAM Jaya akan memanfaatkan air dari 13 sungai dan 102 situ, embung serta waduk untuk air baku.

BACA JUGA: 95 Persen Remaja di Jakarta Barat Sudah Menerima Vaksinasi Dosis Satu

Yang terdekat, PAM akan memanfaatkan air Sungai Ciliwung lebih banyak lagi dengan membuat IPA di Pejaten yang saat ini tahap perencanaan dan juga Kali Pesanggrahan sebanyak 750 lps.

“Itu akan tambah pasokan di Jakarta. Selain juga akan kita manfaatkan proyek yang telah dibangun oleh Dinas Sumber Daya Air,  ada embung, situ, waduk yang jumlahnya 102 dan saat ini belum banyak kita manfaatkan,” tuturnya.

BACA JUGA: Lama Tak Ada Kabar, Penampilan Baru Juwita Bahar Bikin Pangling

Meski, kata Bambang, keberlanjutan sumber air itu jika kemarau akan surut. Namun paling tidak bisa dijadikan pengaman Jakarta dari sisi air baku dan banjir.

“Jadi, ini akan kami manfaatkan karena secara fungsional kita bekerjasama dengan Dinas SDA. Untuk manfaatkan embung situ waduk dan beberapa sungai. Kemudian yang dalam perencanaan juga di Situ Babakan juga akan dibangun IPA oleh SDA sekitar 200 lps,” tuturnya.(eky)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed