Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaNewsMetropolitanSerangan Rudal Rusia Tewaskan 21 Orang, Ini Kata Zelensky

Serangan Rudal Rusia Tewaskan 21 Orang, Ini Kata Zelensky

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuduh Rusia terlibat dalam ‘teror’ negara terkait rentetan serangan rudal yang menewaskan sedikitnya 21 orang di kota pelabuhan Odesa. Zelensky menyebut serangan Rusia yang mengenai apartemen dan pusat rekreasi itu disengaja.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA : Jokowi Nyatakan Diri Siap Jadi Jembatan Komunikasi Antara Putin dan Zelensky

Seperti dilansir AFP, Sabtu (2/7/2022), serangan rudal Rusia dilaporkan mengenai sebuah gedung apartemen dan sebuah pusat rekreasi di kota Sergiyvka yang berjarak 80 kilometer sebelah selatan kota pelabuhan Odesa, yang menjadi titik pertempuran strategis sejak Rusia menginvasi empat bulan lalu.

Serangan itu terjadi sehari setelah Moskow menarik pasukannya dari sebuah pulau strategis, Pulau Ular, dalam kemunduran besar invasi Kremlin.

BACA JUGA : Seorang Jurnalis Wanita Tewas Ditembak Oleh Tentara Israel

Disebutkan Zelensky bahwa salah satu korban tewas merupakan seorang bocah laki-laki berusia 12 tahun. Dia menambahkan bahwa sekitar 40 orang lainnya mengalami luka-luka dan jumlah korban tewas masih mungkin bertambah lagi.

“Saya tekankan: Ini merupakan tindakan teror Rusia yang disengaja dan memiliki tujuan tertentu — dan bukan semacam kesalahan atau serangan rudal yang tidak disengaja,” tegas Zelensky dalam pernyataannya.

BACA JUGA : Zelensky Tuntut Rusia Tanggung Jawab Bayar Ganti Rugi Atas Kehancuran di Ukraina

“Tiga rudal mengenai sebuah gedung apartemen sembilan lantai, di mana tidak ada seorangpun yang menyembunyikan senjata apapun, peralatan militer apapun. Orang-orang biasa, warga sipil, tinggal di sana,” imbuhnya.

Sergiy Bratchuk

Secara terpisah, wakil kepala distrik Odesa, Sergiy Bratchuk, menuturkan kepada televisi Ukraina bahwa serangan itu dilancarkan menggunakan pesawat yang mengudara dari Laut Hitam dan menembakkan rudal-rudal ‘sangat berat dan sangat kuat’.

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Digugat Eks Pengacara Bayar Fee Rp 15 M, Begini Respons Bharada E

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Bharada Richard Eliezer atau Bharada E digugat mantan kuasa hukumnya Deolipa Yumara untuk membayar fee Rp 15 miliar. Gugatan itu...