Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaNewsMetropolitanRusia Masih Lakukan Serangan ke Ukraina, Misi Perdamaian Jokowi Gagal?

Rusia Masih Lakukan Serangan ke Ukraina, Misi Perdamaian Jokowi Gagal?

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menjalankan misi perdamaian dengan melakukan pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Namun, serangan masih dilakukan Rusia terhadap Ukraina. Jadi, efektifkah ikhtiar Jokowi menghentikan konflik di Eropa Timur itu?

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Menurut Guru Besar Hukum Internasional UI Prof Hikmahanto Juwana, perang tidak bisa serta merta berhenti mendadak segera setelah Jokowi menjalankan kunjungan ke Ukraina-Rusia. Dia juga mengatakan kedua negara tersebut nantinya bisa kembali melakukan ekspor-ekspor bahan pangan.

“Tentu gencatan senjata tidak akan dirasakan langsung tetapi perlahan-lahan akan berkurang. Dan, nanti kita akan lihat Ukraina bisa lakukan ekspor gandum dan Rusia juga bisa ekspor pupuk ke negara-negara berkembang,” kata Hikmahanto dilansir dari detikcom, Sabtu (2/7/2022).

BACA JUGA: Putin Janji pada Jokowi Jamin Pasokan Pangan dan Pupuk

Hikmahanto mengatakan Jokowi telah melakukan langkah cerdas karena telah memberi tahu bahwa peperangan ini akan memberikan dampak pada krisis pangan. Dia mengapresiasi langkah Jokowi yang meminta peperangan ini segera dihentikan.

“Bapak Presiden esensinya ingin menyampaikan terlepas dari alasan dari pihak-pihak yang terlibat dalam perang, termasuk AS dan sekutunya, bahwa perang akan membawa penderitaan pada rakyat banyak di negara berkembang dan karenanya perang harus dihentikan,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia melihat Zelenskyy dan Putin merasa antusias atas kehadiran Jokowi. Hikmahanto menyebut Rusia membutuhkan alasan Jokowi untuk menghentikan perang ini.

“Rusia tidak ingin mengulangi kebodohan AS yang keluar secara tiba-tiba dari Afghanistan,” sambungnya.

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Penemuan Perahu Kuno Kerajaan Powan di Sungai Andong Ngawi

NUSADAILY.COM – NGAWI – Warga menemukan sebongkah batang kayu yang diduga sebagai bangkai perahu kuno di sungai Andong Desa/Kecamatanan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Baca...